KAJIAN TINDAK TUTUR DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RUBRIK CERITA CEKAK MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT EDISI JANUARI SAMPAI DESEMBER 2016

Safitri, Mariana Dwi (2018) KAJIAN TINDAK TUTUR DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RUBRIK CERITA CEKAK MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT EDISI JANUARI SAMPAI DESEMBER 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (423Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mariana Dwi Safitri. K4213048. KAJIAN TINDAK TUTUR DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RUBRIK CERITA CEKAK MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT EDISI JANUARI SAMPAI DESEMBER 2016. Skripsi, Surakarta: Pendidikan Bahasa Jawa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Tindak tutur dalam rubrik cerita cekak majalah Panjebar Semangat edisi Januari sampai Desember 2016; (2) Nilai pendidikan karakter dalam rubrik cerita cekak pada majalah Panjebar Semangat edisi Januari sampai Desember 2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan strategi tunggal terpancang. Data yang diperoleh peneliti berupa kutipan-kutipan yang berasal dari cerkak pada kumpulan cerita cekak majalah Panjebar Semangat edisi Januari sampai Desember 2016, dan hasil wawancara guru bahasa Jawa, dan siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis jalinan atau mengalir yang terdiri dari: (1) reduksi data, (2) sajian data, dan (3) penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui tindak tutur dalam rubrik cerita cekak majalah Panjebar Semangat edisi Januari sampai dengan Desember tahun 2016 terdapat tiga jenis tindak tutur wacana yaitu tindak tutur lokusi (14 data), ilokusi (26 data), dan perlokusi (29 data) dan (2) Mengetahui nilai pendidikan karakter dalam rubrik cerita cekak dalam rubrik Panjebar Semangat edisi Januari sampai dengan Desember tahun 2016 yaitu nilai religius (Ketuhanan), rendah hati, tanggung jawab, kejujuran, hormat dan sopan santun, dan kepedulian lingkungan. Kata kunci: tindak tutur, pendidikan karakter, cerita cekak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 15 Apr 2018 14:41
    Last Modified: 15 Apr 2018 14:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40769

    Actions (login required)

    View Item