Karakterisasi Sifat Fisik dan Magnetik Pada Pembuatan Magnet Permanen Barium Hexaferrite Dengan Variasi Holding Time Pada Suhu Sintering

A, MAKARIOS HANU (0002) Karakterisasi Sifat Fisik dan Magnetik Pada Pembuatan Magnet Permanen Barium Hexaferrite Dengan Variasi Holding Time Pada Suhu Sintering. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (557Kb)

    Abstract

    Dalam penelitian ini dibahas tentang pengaruh waktu penahanan selama proses sintering terhadap sifat fisik yaitu struktur mikro dan sifat magnetik. Pembuatan magnet permanen dilakukan dengan menggunakan teknik metalurgi serbuk berbahan Fe2O3 yang dicampur dengan BaCo3 sesuai perbandingan stoikiometri. Serbuk besi dan barium karbonat dicampur dengan ball mill selama 6 jam dengan kecepatan 900 rpm. Serbuk selanjutnya dikalsinasi pada temperatur 1100 ºC, kemudian di ayak dengan ukuran 200 mesh. Setelah itu dikompaksi dengan tekanan sebesar 5 ton dan disintering pada temperatur 1100 ºC dengan waktu penahanan 10, 20, dan 30 menit. Selanjutnya dilakukan pengujian struktur mikro dan pengujian sifat magnetik. Dari hasil foto SEM terlihat perubahan ukuran kristal dan persebaran kristal yang saling berikatan karena adanya lamanya holding time yang diberikan. Kurva histeresis dari ketiga sampel memiliki nilai HC, MS dan MR yang tidak jauh berbeda karena adanya perbedaan struktur kristal yang tidak terlalu signifikan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 15 Apr 2018 14:31
    Last Modified: 15 Apr 2018 14:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40766

    Actions (login required)

    View Item