Modifikasi Lapisan TiO2 Dalam Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) dan Efek PEDOT:PSS Dalam Sel Surya Organik Berbasis MEH-PPV

TYAS, LINDA KUSUMANING (2018) Modifikasi Lapisan TiO2 Dalam Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) dan Efek PEDOT:PSS Dalam Sel Surya Organik Berbasis MEH-PPV. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1007Kb)

    Abstract

    Penelitian ini terdiri dari dua yaitu modifikasi lapisan TiO2 dalam DSSC dan variasi lapisan MEH-PPV dengan atau tanpa PEDOT:PSS dalam sel surya organik. Modifikasi lapisan TiO2 dalam bentuk nanofiber dibuat dengan metode electrospinning. Larutan TiO2 disintesis dari campuran bahan TTIP, PVP, acetic acid dan etanol. Tegangan electrospinning adalah 15 kV. Jarak ujung jarum ke kolektor adalah 15 cm. Variasi waktu pelapisan adalah 10, 15, dan 20 menit. TiO2 nanofiber dilapisi di atas FTO. Struktur DSSC terdiri dari FTO, TiO2 nanofiber, lumut dye, elektrolit I-/I3- , dan lapisan karbon sebagai katalis. Dari penampang lintang SEM diperoleh ketebalan TiO2 nanofiber yang meningkat terhadap waktu pelapisan yaitu 34 μm (10 menit), 64 μm (15 menit) dan 77 μm (20 menit). Berdasarkan perhitungan terhadap hasil kurva I-V maka efisiensi DSSC maksimum pada waktu pelapisan 15 menit. Hal ini karena waktu pelapisan 15 menit memiliki ketebalan yang optimum sehingga waktu tinggal foton menjadi lebih lama dan elektron dapat berdifusi mencapai elektroda. Pada sel surya organik seluruh pendeposisian menggunakan metode spin coating. Serbuk MEH-PPV seberat 0,05 gram dicampur dengan chlorobenzene sebanyak 1 ml. Deposisi lapisan MEH-PPV dengan atau tanpa PEDOT:PSS divariasikan jumlah lapisan yaitu 1, 2, 3, dan 4 lapis. Struktur sel surya organik dengan PEDOT:PSS terdiri dari FTO, TiO2 nanopartikel, PEDOT:PSS, MEH-PPV, dan alumunium sebagai elektroda metal. Dari penampang lintang SEM diperoleh ketebalan MEH-PPV yang meningkat terhadap waktu pelapisan yaitu 0,85 μm (1 lapis), 1,14 μm (2 lapis), 2,26 μm (3 lapis), dan 5,44 μm (4 lapis). Berdasarkan perhitungan terhadap hasil kurva I-V maka efisiensi sel surya organik maksimum pada jumlah lapisan 4 lapis dengan PEDOT:PSS. Hal ini karena penambahan lapisan PEDOT:PSS akan membantu terkumpulnya hole dan membantu dalam transport elektron karena berkurangnya defect pada lapisan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Ilmu Fisika
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 15 Apr 2018 14:25
    Last Modified: 15 Apr 2018 14:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40765

    Actions (login required)

    View Item