PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS COOPERATIVE PROBLEM-BASED LEARNING DIPADU MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA

NURHAMIDAH, DEWI (2019) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS COOPERATIVE PROBLEM-BASED LEARNING DIPADU MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (134Kb)

    Abstract

    Penelitian pengembangan modul sistem pencernaan berbasis CPBL disertai mind mapping bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik modul berbasis CPBL dipadu mind mapping untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif pada materi sistem pencernaan kelas XI MIA, 2) menguji kelayakan modul berbasis CPBL dipadu mind mapping untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif pada materi sistem pencernaan kelas XI MIA, 3) menguji keefektifan modul berbasis CPBL dipadu mind mapping untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif pada materi sistem pencernaan kelas XI MIA. Penelitian dan pengembangan modul sistem pencernaan menggunakan prosedur Borg & Gall yang dimodifikasi sesuai dengan tujuan penelitian terdiri atas 9 tahapan. Model pengembangan produk awal dilakukan dengan mengadaptasi model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Subjek yang digunakan pada uji lapangan operasional yaitu siswa kelas XI MAN Ngawi, MAN Paron, dan MAN Ngrambe di Kabupaten Ngawi. Desain penelitian yang digunakan adalah desain true eksperimen dengan tipe pretest-posttest control group design. Desain uji coba menggunakan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas perlakuan. Pemilihan kelas dilakukan secara simple random sampling dengan undian. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif karakteristik modul berdasarkan skor kriteria dan analisis peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif melalui uji independent-sample t test dan dihitung menggunakan N-Gain lalu diuji besarnya efek dengan Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis CPBL dipadu mind mapping efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif dalam kategori sedang di tiga sekolah yaitu di MAN Ngawi, MAN Paron, dan MAN Ngrambe masing-masing N-Gain nya sebesar 0,56, 0,57, dan 0,52. Peningkatan keterampilan aspek berpikir kreatif masing-masing N-Gain nya sebesar 0,66, 0,40, dan 0,45. Hasil analisis uji effect size menunjukkan bahwa besar efek yang diberikan dari penggunaan modul dalam pembelajaran memiliki efek sangat besar untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif ditunjukkan dengan hasil uji effect size berdasar rumus Cohen’s d, Hedges’s g, dan Glass’s.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 15 Apr 2018 14:11
    Last Modified: 12 Feb 2019 13:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40760

    Actions (login required)

    View Item