Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Arsitektur Rumah Kapitan Melalui Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Nilai Solidaritas Sosial Siswa di SMA Negeri 8 Palembang

FEBRIANI, EVA (2018) Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Arsitektur Rumah Kapitan Melalui Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Nilai Solidaritas Sosial Siswa di SMA Negeri 8 Palembang. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (143Kb)

    Abstract

    Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Palembang yang bertujuan untuk : 1. Menganalisis model pembelajaran sejarah dan kebutuhan terhadap model pembelajarannya serta pemahaman siswa mengenai nilai-nilai arsitektur rumah Kapitan (2) Mengembangkan model pembelajaran sejarah berbasis nilai arsitektur rumah Kapitan melalui pendekatan saintifik untuk meningkatkan sikap solidaritas sosial peserta didik, dan (3) Menguji efektivitas model pembelajaran sejarah berbasis nilai arsitektur rumah Kapitan untuk meningkatkan solidaritas sosial peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode pengembangan Dick and Carey. Aplikasi dalam model pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dan value clarification tehnique (VCT) dengan model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL). Uji efektivitas yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Dalam memperoleh hasil efektifitas dilakukan uji T. Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman peserta didik mengenai sejarah dan warisan kebudayaan lokal di Palembang khususnya mengenai arsitektur rumah Kapitan dan nilai solidaritasnya masih dalam taraf yang rendah. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah, sehingga pembelajaran terasa kurang aktif dan inovatif, sehingga dibutuhankan model pembelajaran sejarah yang efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pada hasil uji T, perhitungan hasil rerata post-test prestasi kelas eksperimen adalah 61, 17 dan kelas kontrol adalah 55, 83. Sedangkan uji T diperoleh 2,475 dengan taraf signifikan 0,16 (0,016<0,025), maka HO ditolak maka terdapat perbedaan rerata sikap antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada uji efektivitas sikap diperoleh hasil rerata post-test kelas ekperimen adalah 107,13 dan kelas kontrol sebesar 103, 13, sedangkan hasil uji T diperoleh nilai sebesar 4,238 dengan taraf signifikansi 0,000<0,05. Hal ini dikarenakan nilai uji T dengan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa HI dierima yang berarti rerata sebelum dan sesusah perlakuan kelas eksperimen terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Kata Kunci : Pengembangan Model, Rumah Kapitan, Solidaritas Sosial

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 13 Apr 2018 22:27
    Last Modified: 13 Apr 2018 22:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40758

    Actions (login required)

    View Item