Karakteristik Fisik Kimia dan Sensoris Karak Bebas Boraks dengan Penambahan Daging Ikan Lele (Clarias SP) Sebagai Penambah Nilai Gizi

A, YULIA KEVIN P (2018) Karakteristik Fisik Kimia dan Sensoris Karak Bebas Boraks dengan Penambahan Daging Ikan Lele (Clarias SP) Sebagai Penambah Nilai Gizi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (118Kb)

    Abstract

    Beras merupakan komoditas utama di Indonesia. Salah satu produk olahan dari beras adalah kerupuk karak. Karak tradisional dibuat dari nasi yang menggunakan penambahan garam dan bleng. Bleng (boraks) merupakan bahan tambahan makanan yang dilarang. Salah satu UKM di Sukoharjo telah menggunakan baking soda sebagai bahan pembuat karak. Namun, penggunaan baking soda sebagai bahan pembuatan karak membutuhkan alat yang lebih banyak. Ada beberapa penelitian mengenai pembuatan karak dengan STPP (Sodium tripoliphosphate). Pembuatan karak dengan STPP dapat menyerupai tekstur karak tradisional sehingga lebih menguntungkan secara ekonomi. Indonesia mempunyai potensi bidang perikanan yang besar dan berlimpah. Ikan lele merupakan salah satu hasil perikanan budidaya yang menempati urutan teratas dalam jumlah produksi yang dihasilkan. Oleh karena itu dilakukan penelitian pembuatan karak dengan STPP dengan penambahan daging ikan lele. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan ikan lele terhadap karakteristik sensori, kimia, fisik, dan rendemen karak. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan satu faktor yaitu jumlah penambahan ikan lele. Ada dua eksperimen yaitu penambahan lele mentah dan lele matang (kukus). Data hasil penelitian akan dianalisis secara statistik dengan menggunakan one way ANOVA. Jika hasil menunjukkan perbedaan maka dilanjutkan dengan uji beda nyata menggunakan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Jika data tidak homogen maka analisis data setelah ANOVA dilanjutkan dengan uji Games Howell untuk mengetahui perbedaan antar sampel. Khusus untuk analisis sensoris kedua, data dianalisis dengan menggunakan t-test karena hanya ada 2 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ikan lele berpengaruh terhadap karakteristik sensoris, kimia, fisik dan rendemen karak yang dihasilkan. Formula terbaik yang dihasilkaan berdasarkan uji pembobotan yaitu formula K1 yaitu karak ikan lele kukus 10% (b/b).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 12 Apr 2018 17:48
    Last Modified: 12 Apr 2018 17:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40748

    Actions (login required)

    View Item