HUBUNGAN LITERASI KEUANGAN DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PERILAKU MAHASISWA DALAM MENABUNG DI LABORATORIUM PERBANKAN PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS

SEPTIANA, WAHYU (2018) HUBUNGAN LITERASI KEUANGAN DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PERILAKU MAHASISWA DALAM MENABUNG DI LABORATORIUM PERBANKAN PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1139Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) hubungan literasi keuangan dengan perilaku mahasiswa dalam menabung di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; (2) hubungan kualitas pelayanan dengan perilaku mahasiswa dalam menabung di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; (3) hubungan literasi keuangan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama dengan perilaku mahasiswa dalam menabung di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 128 mahasiswa yang menjadi nasabah Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Sampel dipilih sebanyak 97 mahasiswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk data literasi keuangan, teknik angket untuk data kualitas pelayanan dan perilaku mahasiswa dalam menabung dan dokumentasi untuk data nasabah tabungan. Analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, terdapat hubungan positif antara literasi keuangan dengan perilaku menabung mahasiswa di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) 0,777, nilai thitung > ttabel (7,891 > 1,985) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kedua, tedapat hubungan positif antara kualitas pelayanan dengan perilaku menabung mahasiswa di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) 0,635, nilai thitung > ttabel (3,139 > 1,985) dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. Ketiga, terdapat hubungan positif antara literasi keuangan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama dengan perilaku mahasiswa dalam menabung di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS dengan rx1.x2.Y= 0,801 dan model hubungan Y = 27,179 + 0,122 X1 + 0,253X2 signifikan secara statistik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F sebesar 84,021dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sumbangan efektif menunjukkan perilaku mahasiswa dalam menabung di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS dapat dijelaskan oleh literasi keuangan sebesar 24,15% dan kualitas pelayanan sebesar 39,95%, sedangkan 35,9% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Kata Kunci : literasi keuangan, kualitas pelayanan, perilaku mahasiswa dalam menabung

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 12 Apr 2018 17:14
    Last Modified: 12 Apr 2018 17:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40739

    Actions (login required)

    View Item