Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI MIA MA Al-Islam Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017

SYAIFULLAH, SYAIFULLAH (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI MIA MA Al-Islam Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Syaifullah. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI MIA MA AL-ISLAM SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Januari 2018 Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI MA Al-Islam Surakarta tahun ajaran 2016/2017 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa penelitian ex-post facto dengan rencana analisis statistika. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA MA Al-Islam Surakarta tahun ajaran 2015/2016 dan tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimupulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIA MA Al-Islam Surakarta tahun pelajaran 2016/2017, hal ini berdasarkan pada uji beda (Uji-U Mann-Whitney) dengan taraf signifikan 0.05 didapatkan hasil sebesar 0.034, hasil analisis uji beda (Uji-U Mann-Whitney) lebih kecil dari 0.05.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 10 Apr 2018 16:11
    Last Modified: 10 Apr 2018 16:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40720

    Actions (login required)

    View Item