PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL SEARCH,SOLVE,CREATE AND SHARE (SSCS) PADA PESERTA DIDIK KELAS X-1 SMA ISLAM 1 SURAKARTA

Rahmaningrum, Sukmadani (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL SEARCH,SOLVE,CREATE AND SHARE (SSCS) PADA PESERTA DIDIK KELAS X-1 SMA ISLAM 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (503Kb)

    Abstract

    Sukmadani Rahmaningrum. K4313067. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) PADA PESERTA DIDIK KELAS X-1 SMA ISLAM 1 SURAKARTA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X-I SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 pada materi Pencemaran Lingkungan melalui penerapan model Search, Solve, Create and Share (SSCS). Jenis penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan penerapan model SSCS sebagai tindakan penelitian. Prosedur penelitian menggunakan model spiral Kemmis dan Mc Taggart (2014) yaitu dalam satu siklus terdiri dari 4 tahap (perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-I SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 27 peserta didik. Data yang dikumpulkan berupa data kemampuan berpikir kritis yang meliputi enam aspek yaitu : interpretation, analysis, inference, evaluation, explanation, dan self regulation (Facione, 2011). Data penelitian diperoleh melalui metode tes, observasi dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X-I SMA pada materi Pencemaran Lingkungan dapat ditingkatkan melalui penerapan model SSCS selama tiga siklus yang ditunjukkan adanya peningkatan rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik pada Prasiklus (47,69%), Siklus I (64,05%), Siklus II (80,25%), dan Siklus III (87,81%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X-I SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 pada materi Pencemaran Lingkungan melalui penerapan model SSCS. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, model SSCS, penelitian tindakan kelas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 10 Apr 2018 16:07
    Last Modified: 10 Apr 2018 16:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40718

    Actions (login required)

    View Item