DESAIN GAMBAR KAOS SEBAGAI SARANA EKSPRESI PERJUANGAN TOKOH PERGERAKAN NASIONAL (Analisis Semiotika pada Desain Gambar Kaos Tshirttokoh dalam Mengekspresikan Perjuangan Tokoh Pergerakan Nasional)

Putri, Shela Melati (2018) DESAIN GAMBAR KAOS SEBAGAI SARANA EKSPRESI PERJUANGAN TOKOH PERGERAKAN NASIONAL (Analisis Semiotika pada Desain Gambar Kaos Tshirttokoh dalam Mengekspresikan Perjuangan Tokoh Pergerakan Nasional). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (686Kb)

    Abstract

    ABSTRAK SHELA MELATI PUTRI, D0213086. DESAIN GAMBAR KAOS SEBAGAI SARANA EKSPRESI PERJUANGAN TOKOH PERGERAKAN NASIONAL (Analisis Semiotika pada Desain Gambar Kaos Tshirttokoh dalam Mengekspresikan Perjuangan Tokoh Pergerakan Nasional) Tshirttokoh merupakan salah satu pembuat kaos (clothing maker) yang berada di kota Surakarta yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri dibandingkan dengan clothing maker yang lainnya. Tshirttokoh berinovasi dengan memproduksi kaos dan berbagai atribut lainnya dengan desain gambar mengenai tokoh-tokoh pergerakan nasional. Desain gambar kaos yang dibuat merupakan tokoh-tokoh yang memiliki jasa besar bagi bangsa Indonesia, namun seringkali tidak mendapatkan perhatian dari masyarakat. Oleh karena itu, Tshirttokoh bergerilya menolak lupa untuk menghadirkan serta menghidupkan karakter tokoh-tokoh tersebut agar dapat mengingatkan dan memotivasi generasi muda penerus bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa makna yang terkandung dalam sembilan desain gambar kaos Tshirttokoh yang mengekspresikan mengenai perjuangan tokoh-tokoh pergerakan nasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan studi pustaka. Unit analisis dipilih berdasarkan purposive sampling. Jenis penelitian ini akan menggunakan metode penelitian analisis semiotika. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Charles Sander Peirce dengan memperhatikan aspek isi pesannya. Hasil penelitian yang dilakukan pada sembilan desain gambar kaos Tshirttokoh menunjukkan bahwa terdapat makna yang mendalam pada keseluruhan unsur dalam desain gambar kaos yang diteliti yang mengekspresikan dan menunjukkan mengenai kisah dan semangat perjuangan tokoh-tokoh pergerakan nasional (Wiji Thukul, Marsinah, Tan Malaka, Pramoedya Ananta Toer dan Munir) yang dengan sikap pantang menyerah berjuang dengan cara mereka masing-masing demi masa depan bangsa Indonesia. Kata Kunci : Semiotika, Desain Gambar Kaos, Makna, Tokoh Pergerakan Nasional

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 10 Apr 2018 15:47
    Last Modified: 10 Apr 2018 15:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40713

    Actions (login required)

    View Item