KSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SNOW BALLING DENGAN STRATEGI REACT PADA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SE-KABUPATEN KARANGANYAR

KUNCOROWATI, RIRIN HERPINA (2018) KSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SNOW BALLING DENGAN STRATEGI REACT PADA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SE-KABUPATEN KARANGANYAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (703Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara model pembelajaran Snow Balling dengan strategi REACT (SB-REACT), model pembelajaran Snow Balling (SB) atau model pembelajaran langsung; (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa dengan tingkat kecerdasan interpersonal tinggi, sedang, atau rendah; (3) pada masing-masing tingkat kecerdasan interpersonal, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi segiempat, model pembelajaran model pembelajaran SB-REACT, model pembelajaran SB atau model pembelajaran langsung; (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi segiempat, siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi, sedang, atau rendah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP negeri di Kabupaten Karanganyar. Sampel yang digunakan yaitu 9 kelas dengan jumlah siswa adalah 282 siswa. Penelitian ini menggunakan stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika siswa dan angket kecerdasan interpersonal siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen tes prestasi belajar matematika dan angket kecerdasan interapersonal terlebih dahulu di uji cobakan. Uji keseimbangan menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Uji lanjut pasca anava menggunakan metode Scheffe’. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran SB- REACT menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran SB maupun pembelajaran langsung, serta siswa yang dikenai model pembelajaran SB menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran langsung; (2) prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi lebih baik daripada kecerdasan interpersonal sedang dan rendah, prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang sama baiknya dengan siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah; (3) pada masing-masing model pembelajaran, prestasi belajar siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang dan rendah, sedangkan prestasi belajar siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang sama baiknya dengan siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah; (4) pada masing-masing kategori kecerdasan interpersonal siswa, Model pembelajaran SB-REACT menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran SB maupun pembelajaran langsung, serta siswa yang dikenai model pembelajaran SB menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran langsung. . Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, snow balling, strategi REACT, kecerdasan interpersonal, prestasi belajar matematika

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 10 Apr 2018 11:46
    Last Modified: 10 Apr 2018 11:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40700

    Actions (login required)

    View Item