Hubungan Lingkungan Pembelajaran Klinis dengan Persepsi Tentang Performa Dokter Internsip Lulusan Fakultas Kedokteran UNS

Agustin, Ranti (2018) Hubungan Lingkungan Pembelajaran Klinis dengan Persepsi Tentang Performa Dokter Internsip Lulusan Fakultas Kedokteran UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (37Kb)

    Abstract

    Latar Belakang : Program internsip merupakan syarat wajib bagi seorang dokter yang baru lulus dari institusi pendidikan kedokteran yang ingin berpraktik atau melanjutkan pendidikan spesialis. Program tersebut bertujuan untuk menyelaraskan antara hasil pendidikan kedokteran dengan praktik di lapangan. Kualitas performa seorang dokter ketika praktik di lapangan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah praktik klinis selama masa pendidikan. Kesempatan praktik klinis seorang mahasiswa kedokteran tersebut tidak lepas dari kualitas lingkungan pembelajaran klinis tempat mereka belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan pembelajaran klinis dengan persepsi performa dokter internsip lulusan Fakultas Kedokteran UNS. Metode : Penelitian ini menggunakan metode obsevasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian adalah peeserta program dokter internsip lulusan Fakultas Kedokteran UNS d wahana internsip Provinsi Jawa Tengah. Resonden berjumlah 58 orang. Pemilihan responden adalah dengan metode consequtive sampling yang telah disesuaikan dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Responden mengisi kuesioner secara langsung atau online. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji pearson. Hasil : Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara lingkungan pembelajaran klinis dan persepsi performa dokter internsip dengan nilai p=0,000 dan r=0,534. Simpulan Penelitian : Terdapat hubungan antara lingkungan pembelajaran klinis dan persepsi performa dokter internsip. Kata Kunci : lingkungan pembelajaran klinis, dokter internsip, lulusan, kompetensi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 10 Apr 2018 11:05
    Last Modified: 10 Apr 2018 11:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40689

    Actions (login required)

    View Item