Pemetaan Angka Keamanan Lereng dengan Pengaruh Curah Hujan Data Tropical Rainfall Measuring Mission (Studi Kasus : Bukit Ganoman, Desa Koripan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar)

D, RAMADHANI FEBRIAN (2018) Pemetaan Angka Keamanan Lereng dengan Pengaruh Curah Hujan Data Tropical Rainfall Measuring Mission (Studi Kasus : Bukit Ganoman, Desa Koripan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1118Kb)

    Abstract

    Tanah longsor sudah menjadi bencana alam yang relatif sering terjadi di Indonesia. Curah hujan di Indonesia tergolong tinggi dan berpotensi memicu kelongsoran. Daerah rawan longsor dapat diketahui dengan peta safety factor. Saat ini teknologi sangat berkembang sehingga peta SF dapat dikembangkan dengan mudah. Masyarakat dapat lebih waspada dengan mengakses peta SF. Pembuatan peta SF pada penelitian ini memerlukan parameter tanah seperti nilai kohesi (c) dan sudut gesek tanah (φ) dari sampel tanah tidak terganggu. Penelitian ini juga memanfaatkan data sekunder sifat mekanis tanah penelitian sebelumnya. Data curah hujan hasil observasi satelit TRMM menjadi sumber nilai curah hujan. Curah hujan ini diuji homogenitas RAPS dan dianalisis dengan metode Green-Ampt untuk mendapatkan kedalaman tanah jenuh. Data ketinggian dan kemiringan didapat dari ASTER GDEM Kabupaten Karanganyar. Analisis kestabilan lereng menggunakan program GeoStudio. Selanjutnya, nilai-nilai SF yang didapat dari program GeoStudio diolah untuk pembuatan peta kerawanan longsor. Semakin kecil nilai SF, maka semakin tinggi risiko kelongsoran. Hasil penelitian pemetaan SF menunjukkan daerah Bukit Ganoman, Desa Koripan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karangnanyar, memiliki beberapa titik yang rawan longsor. Lokasi pemukiman dan persawahan berada di daerah stabil (SF > 1,25), namun perkebunan memiliki beberapa titik dengan SF kategori kritis dan labil. Terdapat badan Jalan Raya Matesih - Tawangmangu yang berada di titik dengan SF labil (SF < 1,07) dimana lokasi tersebut mengalami kelongsoran sehingga penelitian ini terbukti cukup valid untuk dijadikan acuan mitigasi bencana tanah longsor di Bukit Ganoman.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 10 Apr 2018 11:02
    Last Modified: 10 Apr 2018 11:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40688

    Actions (login required)

    View Item