STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN SEBAGAI BENTUK CIVIC PARTICIPATION SKILLS (Studi pada Konsorsium Pembaharuan Agraria)

Arifin, Puguh (2018) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN SEBAGAI BENTUK CIVIC PARTICIPATION SKILLS (Studi pada Konsorsium Pembaharuan Agraria). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (386Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Puguh Arifin. K6413052. STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN SEBAGAI BENTUK CIVIC PARTICIPATION SKILLS (Studi pada Konsorsium Pembaharuan Agraria). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Strategi pemberdayaan masyarakat desa dalam menanggulangi kemiskinan sebagai bentuk civic participation skills studi pada Konsorsium Pembaharuan Agraria, 2) Dampak pelaksanaan strategi pemberdayaan masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan sebagai bentuk civic participation skills studi pada Konsorsium Pembaharuan Agraria. 3) Hambatan Konsorsium Pembaharuan Agraria dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif; Jenis penelitian ini dideskripsikan secara kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, kejadian, dan dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan data triangulasi dan metode triangulasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi pemberdayaan masyarakat desa dalam menanggulangi kemiskinan sebagai bentuk civic participation skills studi pada Konsorsium Pembaharuan Agraria antara lain melalui program pembentukan dan penguatan organisasi tani dalam penguasaan tanah, pemberdayaan dalam memanfaatkan tanah hasil redistribusi, dan advokasi kebijakan agraria. (2) Dampak pelaksanaan strategi pemberdayaan masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan sebagai bentuk civic participation skills studi pada Konsorsium Pembaharuan Agraria antara lain, masyarakat menjadi paham dan ikut berpartisipasi terhadap kebijakan reforma agraria, meningkatnya perekonomian masyarakat desa dan kemandirian desa dalam membangun insfrastruktur desa. (3) Hambatan Konsorsium Pembaharuan Agraria dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat desa terdiri atas hambatan internal yaitu lemahnya komitmen masyarakat desa dalam berorganisasi, serta hambatan eksternal yaitu kebijakan pemerintah yang belum sepenuhnya memenuhi prinsip reforma agraria sesuai dengan UUPA 1960. Kata Kunci: Konsorsium Pembaharuan Agraria, Pemberdayaan masyarakat desa, kemiskinan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 10 Apr 2018 10:36
    Last Modified: 10 Apr 2018 10:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40680

    Actions (login required)

    View Item