PENGARUH PEMBERIAN TUGAS SISWA DAN CORRECTIVE FEEDBACK TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK N 1 KARANGANYAR

UTOMO, PRASETYO (2018) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS SISWA DAN CORRECTIVE FEEDBACK TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK N 1 KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (865Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Prasetyo Utomo. K7413123. PENGARUH PEMBERIAN TUGAS SISWA DAN CORRECTIVE FEEDBACK TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK N 1 KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Oktober 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh pemberian tugas siswa terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK N 1 Karanganyar; (2) pengaruh corrective feedback terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK N 1 Karanganyar; dan (3) pengaruh pemberian tugas siswa dan corrective feedback terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK N 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI 1 dan 2 Akuntansi SMK N 1 Karanganyar. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan Sampling Jenuh. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data pemberian tugas siswa dan corrective feedback, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan program SPSS Versi 23 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemberian tugas siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi di SMK N 1 Karanganyar dengan hasil pengujian signifikan sebesar thitung > ttabel (2,037 > 1,994) dan taraf signifikansi sebesar 0,046 < 0,05; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan corrective feedback terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi di SMK N 1 Karanganyar dengan hasil pengujian signifikan sebesar thitung > ttabel (5,506 > 1,994) dan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemberian tugas siswa dan corrective feedback secara simultan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi di SMK N 1 Karanganyar dengan hasil pengujian signifikan sebesar Fhitung > Ftabel (20,627 > 3,19) dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Pemberian Tugas Siswa, Corrective Feedback, Prestasi Belajar Akuntansi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 09 Apr 2018 15:02
    Last Modified: 09 Apr 2018 15:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40677

    Actions (login required)

    View Item