Keefektifan Ujian Nasional Berbasis Komputer pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Pedan

AYUNINGTYAS, NOVIANA (2018) Keefektifan Ujian Nasional Berbasis Komputer pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Pedan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1955Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji keefektifan ujian nasional berbasis komputer pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Pedan dari segi komponen konteks, (2) untuk menguji keefektifan ujian nasional berbasis komputer pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Pedan dari segi komponen masukan, (3) untuk menguji keefektifan ujian nasional berbasis komputer pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Pedan dari segi komponen proses, dan (4) untuk menguji keefektifan ujian nasional berbasis komputer pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Pedan dari segi komponen hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif model CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif yang dilaksanakan pada SMK Negeri 1 Pedan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta ujian nasional berbasis komputer jurusan akuntansi, proktor, teknisi, dan wakil kepala sekolah di SMK Negeri Pedan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sumber data berasal dari peserta didik jurusan akuntansi kelas XII B, XII C, proktor, teknisi, dan wakil kepala sekolah. Pengumpulan data menggunakan angket yang didukung dengan hasil wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) tingkat keefektifan komponen konteks ujian nasional berbasis komputer pada pembelajaran akuntansi memperoleh pencapaian skor 3,29 termasuk kategori efektif, (2) keefektifan komponen masukan ujian nasional berbasis komputer pada pembelajaran akuntansi memperoleh pencapaian skor 3,17 termasuk kategori cukup efektif, (3) tingkat keefektifan komponen proses ujian nasional berbasis komputer pada pembelajaran akuntansi memperoleh pencapaian skor 3,24 termasuk kategori cukup efektif, (4) tingkat keefektifan komponen hasil ujian nasional berbasis komputer pada pembelajaran akuntansi memperoleh pencapaian skor 3,23 termasuk kategori cukup efektif. Tingkat keefektifan ujian nasional berbasis komputer secara keseluruhan memperoleh pencapaian skor 3,23 berada pada kategori cukup efektif. Kata Kunci: Keefektifan, model evaluasi program CIPP, Ujian nasional berbasis komputer.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 09 Apr 2018 14:55
    Last Modified: 09 Apr 2018 14:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40674

    Actions (login required)

    View Item