PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI BERBANTUAN BUKU SAKU PADA MATERI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA 5 SMA NEGERI 2 BOYOLALI

S, LASNI JULITA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI BERBANTUAN BUKU SAKU PADA MATERI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA 5 SMA NEGERI 2 BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (791Kb)

    Abstract

    Lasni Julita Sitanggang. K3313038. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI BERBANTUAN BUKU SAKU PADA MATERI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA 5 SMA NEGERI 2 BOYOLALI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 2 Boyolali dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan buku saku pada materi pokok redoks. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 2 Boyolali. Objek penelitian adalah kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 2 Boyolali. Data penelitian yang diperoleh berasal dari siswa dan guru di kelas X MIA 5 SMA Negeri 2 Boyolali. Teknik pengumpulan data aspek kemandirian berupa angket, observasi, dan wawancara. Teknik pengumpulan data aspek kognitif berupa tes. Teknik pengumpulan data aspek sikap berupa angket, observasi, dan wawancara, Teknik pengumpulan data aspek keterampilan melalui observasi dan penugasan. Analisis penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan buku saku dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 2 Boyolali pada materi redoks. Persentase ketercapaian kemandirian belajar siswa pada siklus I sebesar 81,6% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,5%. Ketercapaian prestasi belajar siswa pada aspek sikap sebesar 89,5%. Ketercapaian aspek kognitif siswa pada siklus I sebesar 55,3% dan meningkat pada siklus II menjadi 73,7%. Ketercapaian aspek keterampilan siswa pada siklus I sebesar 100%. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Team Assisted Individualization (TAI), Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 08 Apr 2018 17:33
    Last Modified: 08 Apr 2018 17:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40645

    Actions (login required)

    View Item