Perencanaan da Perancangan Sekolah Kreatif di Surakarta dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku

Nurkamalina, Ovy Permata (2018) Perencanaan da Perancangan Sekolah Kreatif di Surakarta dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (838Kb)

    Abstract

    Perkembangan suatu negara sangat dipengaruhi oleh kreativitas sumber daya manusia yang dimiliki negara tersebut. Kreativitas sebagai potensi setiap individu dapat dikembangkan sejak dini melalui berbagai cara salah satunya dengan meningkatkan kualitas pendidikan yang mendukung penciptaan kreativitas. Upaya mendukung penciptaan kreativitas di sekolah diwujudkan dengan memberikan ruang-ruang kreatif sebagai media untuk anak berekspresi, bereksplorasi, dan berkreasi sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Ruang-ruang di sekolah baik ruang kelas maupun ruang kreatif harus bersifat aman untuk anak dalam mengekspresikan gagasan serta mampu menstimulasi anak untuk bereksplorasi dan berkreasi dalam proses mengembangkan kreativitasnya. Untuk mencapai karakteristik tersebut, arsitektur perilaku dianggap sebagai pendekatan yang tepat pada perancangan bangunan sekolah kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan. Metode tersebut dimulai dengan penggalian ide awal dan pengumpulan data kemudian disimpulkan menjadi suatu pedoman dalam analisis perancangan. Hasil penerapan prinsip desain arsitektur perilaku dapat dilihat pada pengolahan zona kegiatan, gubahan massa, serta tampilan dalam dan luar bangunan yang disesuaikan dengan karakter anak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 07 Apr 2018 21:36
    Last Modified: 07 Apr 2018 21:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40640

    Actions (login required)

    View Item