Asistensi Jepang kepada Kepolisian Nasional Republik Indonesia dalam Proyek Bekasi Model Pemolisian Masyarakat di Indonesia pada tahun 2002-2017 sebagai bentuk Official Development Assistance

Nurintan, Okdela (2018) Asistensi Jepang kepada Kepolisian Nasional Republik Indonesia dalam Proyek Bekasi Model Pemolisian Masyarakat di Indonesia pada tahun 2002-2017 sebagai bentuk Official Development Assistance. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1087Kb)

    Abstract

    ABSTRAK OKDELA NURINTAN, NIM D0414041, judul skripsi Assistensi Jepang kepada Kepolisian Nasional Republik Indonesia dalam Proyek Bekasi Model Pemolisian Masyarakat di Indonesia pada tahun 2002-2017 sebagai bentuk Official Development Assistance Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Jepang dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melakukan kerjasama dengan skema ODA dalam Program bantuan Reformasi Polri. Progam ini membentuk Proyek Bekasi Model Pemolisian Masyarakat yang dilaksanakan pada tahun 2002-2017. Penelitian ini akan mendeskripsikan proses kerjasama teknik pada Proyek Bekasi Model Pemolisian Masyarakat yang telah dilaksanakan dari 2012 - 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep kerjasama internasional untuk menganalisis interaksi kepentingan pada Proyek Bekasi, konsep bantuan luar negeri untuk mendeskripsikan bentuk bantuan dari Proyek Bekasi, konsep technical assistance untuk menganalisis proses asistensi yang diberikan Jepang. Proyek Bekasi tahap pertama memberikan technical cooperation yang merupakan proses pembentukan model pemolisian masyarakat. Technical cooperation yang dilakukan pada Proyek Bekasi tahap kedua memberikan asistensi pengembangan model pemolisian masyarakat. Proyek Bekasi tahap ketiga memberikan technical cooperation yang membentuk sistem jaringan penyebaran model pemolisian masyarakat. Asistensi yang diberikan Jepang kepada Polri dapat membantu reformasi organisasi dengan penerapan model pemolisian masyarakat (Polmas). Keywords: ODA, Jepang, Proyek Bekasi, Polri, Technical Assistance, Polmas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 07 Apr 2018 21:31
    Last Modified: 07 Apr 2018 21:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40639

    Actions (login required)

    View Item