PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DILENGKAPI APLIKASI BUKU SAKU BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X MIA 2 SMA BATIK 2 SURAKARTA

Setiani, Novian (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DILENGKAPI APLIKASI BUKU SAKU BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X MIA 2 SMA BATIK 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (835Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Novian Setiani. K3313051. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DILENGKAPI APLIKASI BUKU SAKU BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X MIA 2 SMA BATIK 2 SURAKARTA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran direct instruction dengan bantuan aplikasi buku saku berbasis android pada materi stoikiometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Sumber data adalah siswa, guru dan peristiwa yaitu kegiatan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket penilaian diri, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran direct instruction dengan bantuan aplikasi buku saku berbasis android dapat meningkatkan kemandirian siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta. Persentase ketercapaian kemandirian pada siklus I sebesar 86,1% dan meningkat menjadi 91,67% pada siklus II. 2) penerapan model pembelajaran direct instruction dengan bantuan aplikasi buku saku berbasis android dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta. Ditunjukkan dari aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 72,20%. Aspek sikap ketercapaian pada siklus I sebesar 88,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44%. Sedangkan aspek keterampilan hanya dilakukan pada siklus I dengan persentase ketercapian sebesar 100% Kata kunci: Direct Instruction, Aplikasi Buku Saku, Kemandirian, Prestasi Belajar, Stoikiometri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 07 Apr 2018 21:04
    Last Modified: 07 Apr 2018 21:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40634

    Actions (login required)

    View Item