Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Perjuangan M. H. Thamrin Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa SMA N 1 Tambun Selatan

ROHMADI, NAZIRWAN (2018) Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Perjuangan M. H. Thamrin Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa SMA N 1 Tambun Selatan. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (153Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran berlangsung di SMA N 1 Tambun Selatan; (2) Mengembangkan modul pembelajaran sejarah perjuangan M. H. Thamrin berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kesadaran politik siswa; (3) Menguji efektivitas modul pembelajaran sejarah perjuangan M. H. Thamrin berbasis Problem Based Learning. Metode penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE untuk menghasilkan sebuah modul. Tahap model ADDIE antara lain: (1) Analisis atau menganalisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; (5) Evaluasi. Tahapan tersebut dilakukan untuk memperoleh modul yang sesuai dengan kebutuhan dalam rangka meningkatkan kesadaran politik siswa. Hasil yang diperoleh: (1) Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Tambun Selatan diperoleh informasi dari guru sejarah maupun siswa bahwa penggunaan media dalam hal ini adalah pendamping buku teks masih sangat terbatas yang menyebabkan wawasan terkait sejarah perjuangan M. H. Thamrin dan kesadaran politik siswa masih sangat rendah; (2) Modul pembelajaran divalidasi oleh para ahli yang menghasilkan penilaian antara lain: (a) Ahli Materi I memberikan penilaian dengan skor rata-rata adalah 4,4 nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat baik; (b) Ahli Materi II memberikan penilaian dengan skor rata-rata adalah 4,36, dengan kategori sangat baik; (c) Ahli Media I memberikan nilai dengan skor rata-rata keseluruhan adalah 4,3, dengan kategori sangat baik (d) Ahli Media II memberikan nilai dengan skor rata-rata 4,4 nilai tersebut juga termasuk dalam kategori sangat baik. (3) Penerapan modul pembelajaran sejarah perjuangan M. H. Thamrin berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kesadaran politik siswa dinyatakan efektif, dengan bukti uji statistik yang diperoleh yaitu: uji efektivitas prestasi siswa taraf signifikansi 0,144 > 0,05 , sedangkan pada hasil uji tt_hit 2.895 dengan taraf signifikansi 0,005 < 0,05 dan uji efektivitas kesadaran politik siswa adalah taraf signifikansi 0,233 > 0,05 , sedangkan pada hasil uji tt_hit 5.618 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Modul, M. H. Thamrin, Problem Based Learning, Kesadaran Politik

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LA History of education
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 07 Apr 2018 20:56
    Last Modified: 07 Apr 2018 20:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40633

    Actions (login required)

    View Item