Kesehatan Fisik Anak Usia 4-5 Tahun pada Komunitas Suku Bajo di Desa Sama Bahari Wakatobi (Studi Kasus di TK Hubbul Wathan Komunitas Suku Bajo Wakatobi)

Dafiq, Mohammad Bahruddin (2018) Kesehatan Fisik Anak Usia 4-5 Tahun pada Komunitas Suku Bajo di Desa Sama Bahari Wakatobi (Studi Kasus di TK Hubbul Wathan Komunitas Suku Bajo Wakatobi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (744Kb)

    Abstract

    Mohammad Bahruddin Dafiq. K8113053. KESEHATAN FISIK ANAK USIA 4-5 PADA KOMUNITAS SUKU BAJO DI DESA SAMA BAHARI WAKATOBI (Studi Kasus di TK Hubbul Wathan Komunitas Suku Bajo Wakatobi). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kesehatan fisik serta gangguan kesehatan fisik pada anak usia 4-5 tahun pada komunitas suku Bajo di desa Sama Bahari Wakatobi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ialah tiga anak dari TK Hubbul Wathan yang berusia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan perpanjangan pengamatan. Simpulan hasil penelitian ini menunjukan kondisi kesehatan fisik anak usia 4-5 tahun rata-rata dalam kondisi yang sehat, namun peneliti berhasil menemukan dua anak yang mengalami gangguan kesehatan fisik. Gangguan kesehatan fisik yang ditemukan yaitu iritasi kulit dan batuk pilek. Faktor yang mempengaruhi gangguan kesehatan fisik yaitu faktor keluarga dan faktor kebiasaan. Faktor keluarga yaitu terkait dengan pengambilan keputusan untuk memilih tindakan dan memberikan perawatan bagi anak yang sakit. Orang tua masih mengandalkan pengobatan tradisional warisan leluhur dan menggunakan pengobatan medis ketika penyakit anak dianggap sudah parah. Faktor kebiasaan yaitu terkait kebiasaan mandi menggunakan air laut tanpa dibilas dengan air tawar. Hal tersebut yang menyebabkan salah satu subjek menderita iritasi kulit. Kata Kunci : Kesehatan Fisik, Anak Usia 4-5 Tahun, Komunitas Suku Bajo

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 07 Apr 2018 20:12
    Last Modified: 07 Apr 2018 20:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40620

    Actions (login required)

    View Item