Analisis Stilistika dalam Serat Wulangreh karya Sri Susuhunan Pakubuwana IV dan Relevansinya sebagai Materi Pembeajaran Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Pertama

Adi P, Anggraini (2018) Analisis Stilistika dalam Serat Wulangreh karya Sri Susuhunan Pakubuwana IV dan Relevansinya sebagai Materi Pembeajaran Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Pertama. Other thesis, Universtas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (527Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Anggraini Adi Pawestri. K4212007. ANALISIS STILISTIKA DALAM SERAT WULANGREH KARYA SRI SUSUHUNAN PAKUBUWANA IV DAN RELEVANSINYA DALAM MATERI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2018. Analisis stilistika dalam serat Wulangreh karya Sri Susuhunan Pakubuwana IV ini merupakan analisis terhadap gaya bunyi, aspek citraan, dan gaya bahasa retoris yang ada dalam karya sastra terebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode content analysis stilistika atau analisis isi untuk mendeskripsikan pemilihan dan pemakaian bahasa yang meliputi gaya bunyi, citraan, dan gaya bahasa retoris. Data penelitian ini berupa satuan lingual yang mengandung beraneka macam kosakata. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara mendalam. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis mengalir yang terdiri dari tiga tahap yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data atau display, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan metode analisis isi yang berfungsi untuk menelaah data-data yang diperkukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keanekaragaman dalam pemakaian kosakata terhadap gaya bunyi, citraan, dan gaya bahasa retoris. Gaya bunyi yang ditemukan pada penelitian ini antara lain anadiplosis (purwakanthi guru basa/lumaksita), aliterasi (purwakanthi guru sastra), dan asonansi (purwkanthi guru swara). Data yang berkaitan dengan pencitraan antara lain citra penglihatan, citra pendaran, citra gerak, citra pengecap, dan citra perabaan. Kemudian gaya bahasa retoris juga sangat banyak ditemukan dalam penelitian ini. Analisis di atas menunjukkan bahwa penulis mampu menonjolkan keanekaragaman kata yang indah dalam karya sastra ini. Keanekaragaman tersebut dilatarbelakangi oleh faktor sosial budaya dan pendidikan pada masa lampau yang luhur sehingga relevan dengan pembelajaran bahasa Jawa. Hal tersebut membuat serat Wulangreh karya Sri Susuhunan Pakubuwana IV ini menjadi karya sastra yang khas daripada yang lainnya dalam memberikan ajaran dan nasihat yang luhur. Kata kunci: stilistika, gaya bunyi, citraan, gaya bahasa retoris, serat Wulangreh, dan pembelajaran bahasa Jawa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 07 Apr 2018 15:20
    Last Modified: 07 Apr 2018 15:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40607

    Actions (login required)

    View Item