EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017

Dewi, Ajeng Christina (2018) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, Universtas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (352Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II, tipeTGT, dan model pembelajaran langsung; 2) mengetahui prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah; 3) mengetahui prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah pada masing-masing model pembelajaran; 4)mengetahui prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang diberikan model pembelajaran tipe jigsaw II, tipe TGT,dan model pembelajaran langsung pada masing-masing kategori kecerdasan emosional. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu yang dirancang dengan desain faktorial 3×3. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Boyolali. Terpilih 3 sekolah sebagai sampel melalui stratified cluster random sampling. Teknik pengumpulan data metode tes digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar matematika, metode angket untuk mengumpulkan data kecerdasan emosional, sedangkan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data ujian akhir semester (UAS). Uji hipotesis menggunakan data prestasi belajar dan dianalisis dengan anava dua jalan sel tak sama. Sebagai persyaratannya, populasi harus telah dinyatakan normal dan homogen. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II, tipe TGT, dan model pembelajaran langsung; 2) tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, kecerdasan emosional sedang, dan kecerdasan emosional rendah; 3) pada setiap model pembelajaran, tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, kecerdasan emosional sedang, dan kecerdasan emosional rendah; 4) pada setiap kategori kecerdasan emosional, tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II, tipe TGT, dan model pembelajaran langsung.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 07 Apr 2018 15:11
    Last Modified: 07 Apr 2018 15:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40604

    Actions (login required)

    View Item