PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU DIGITAL GEO-SMART BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN BERPIKIR KERUANGAN PADA SISWA KELAS X SMA N 8 SURAKARTA 2016/2017

WIDYASTUTI, RENGGANIS (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU DIGITAL GEO-SMART BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN BERPIKIR KERUANGAN PADA SISWA KELAS X SMA N 8 SURAKARTA 2016/2017. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (485Kb)

    Abstract

    Rengganis Widyastuti, 2017. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU DIGITAL GEO-SMART BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN BERPIKIR KERUANGAN PADA SISWA KELAS X SMA N 8 SURAKARTA. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Soegiyanto, S.U. Pembimbing II: Dr. Yasin Yusup, S.Si, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Tujuan penulisan tesis yaitu : (1) menganalisis kebutuhan terhadap penggunaan geo-smart berbasis Android di kelas X SMA N 8 Surakarta. (2) Mengembangkan geo-smart berbasis Android pada mata pelajaran Geografi kompetensi dasar Dinamika Hidrosfer di kelas X SMA N 8 Surakarta. (3) Mengetahui kelayakan geo-smart berbasis Android pada mata pelajaran Geografi Kompetensi Dasar Dinamika Hidrosfer di kelas X SMA N 8 Surakarta. (4) Mengetahui efektivitas geo-smart berbasis Android untuk meningkatkan kecakapan berpikir keruangan pada mata pelajaran Geografi kompetensi dasar Dinamika Hidrosfer di kelas X SMA N 8 Surakarta. Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D) dengan model ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Kecakapan berpikir keruangan peserta didik diukur dengan Spatial Thinking Ability Test (STAT). Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Peserta didik membutuhkan media pembelajaran geo-smart berbasis Android sebesar 80,3% atau pada kategori butuh. (2) Pengembangan media pembelajaran geo-smart berbasis Android dibuat dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6. (3) Geo-smart berbasis Android divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan guru geografi dengan nilai sebesar 83% dengan kategori sangat layak dan uji coba kelompok kecil dengan tanggapan 85,6% atau dalam kategori sangat layak. (4) Efektifitas geo-smart berbasis Android untuk meningkatkan kecakapan berpikir keruangan diperoleh thitung sebesar 8,07083 sedangkan ttabel sebesar 2.8, sehingga buku saku digital berbasis Android dapat digunakan untuk meningkatkan kecakapan berpikir keruangan peserta didik. kata kunci : pengembangan, android, hidrosfer, kecakapan keruangan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 04 Apr 2018 16:24
    Last Modified: 04 Apr 2018 16:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40594

    Actions (login required)

    View Item