Telaah Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Divisi Marketing Terhadap Peningkatan Kinerja Perusahaan : Studi Kasus Pada PD. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Karanganyar

FAUZI, DHUKHA IKHWAN (2018) Telaah Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Divisi Marketing Terhadap Peningkatan Kinerja Perusahaan : Studi Kasus Pada PD. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (606Kb)

    Abstract

    ABSTRAK TELAAH PROGRAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DIVISI MARKETING TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN : STUDI KASUS PADA PD. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) BANK KARANGANYAR Dhukha Ikhwan Fauzi NIM. F3614038 Penulisan Tugas Akhir ini dilatar belakangi oleh pengembangan yang dilakukan PD. Bank Perkreditan Rakyat(BPR) Bank Karanganyar dalam hal meningkatkan kinerja sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk(1) mengetahui jenis-jenis program pengembangan sumber daya manusia yang diberikan PD. BPR Bank Karanganyar, (2) mengetahui pengaruh program pengembangan sumber daya manusia terhadap kualitas kinerja karyawan pada PD BPR Bank Karanganyar, dan (3) mengetahui masalah-masalah yang menjadi kendala dalam pelaksanaan program pelatihan dalam peningkatan kinerja karyawan PD. BPR Bank Karanganyar.Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu mekanisme kerja penelitian yang mengandalkan uraian deskriptif kalimat yang disusun secara sistematis mulai dari menghimpun data hingga menafsirkan dan melaporkan hasil penelitian.Penulis malakukan pengamatan dan pengumpulan data secara langsung dari objek penelitian yaitu PD BPR Bank Karanganyar selama kegiatan magang. Penulis memperoleh data berupa laporan keuangan tahun 2014 – 2016 dan data terkait program pengembangan yang dilakukan PD BPR Bank Karanganyar tahun 2014 - 2016. Selain itu penulis juga menggunakan referensi dari berbagai sumber yang terkait dengan masalah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)PD BPR Bank Karanganyar dari tahun 2014 - 2016 hanya memberikan 3 (tiga) pelatihan pada bagian marketing. (2) Pengaruh pelatihan yang diadakan PD BPR Bank Karanganyar terhadap bagian marketing cenderung berdampak positif bagi bank. (3)Masalah yang menjadi kendala dalam pelaksanaan program pelatihan yaitu kualifikasi pelatihan yang kkurang jelas dan minimnya pelatihan bagian marketing. Hal itu ditunjukan dengan adanyapeningkatan setelah pelatihan yaituperkembangan kredit yang disalurkan dan NPL dari tahun 2014 - 2016 selalu mengalami perkembangan yang bagus. Namun, dalam hal ini PD BPR Bank Karanganyar perlu menambah pelatihan bagian marketing danmengevaluasi tentang pelatihan teknik merevisi perjanjian kredit maupun analisis kreditserta menambah evaluasi pada bagian pengkualifikasian pelatihan dan penentuan sumber daya manusia yang mengikuti pelatihan agar PD BPR Bank Karanganyar semakin berkembang dan mampu bersaing dengan bank lain. Kata Kunci : Sumber Daya Manusia (SDM), Peningkatan Sumber Daya Manusia, PD. BPR Bank Karanganyar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 04 Apr 2018 15:09
    Last Modified: 04 Apr 2018 15:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40561

    Actions (login required)

    View Item