PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PADA MATERI BUDAYA NASIONAL KELAS XI SMAN 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018

SIREGAR, BETTY GUSTINA LASKUNARY (2018) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PADA MATERI BUDAYA NASIONAL KELAS XI SMAN 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (446Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kebutuhan terhadap penggunaan media audio visual berbasis problem based learning (PBL) pada pembelajaran geografi materi Budaya Nasional kelas XI SMAN 1 Sragen; 2) Untuk mengetahui kelayakan media audio visual berbasis problem based learning (PBL) di kelas XI SMAN 1 Sragen; 3) Untuk mengetahui media audio visual berbasis problem based learning (PBL) efektif pada materi Budaya Nasional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Sragen. 4) Untuk Mengetahui media audio visual berbasis problem based learning (PBL) efektif pada materi Budaya Nasional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMAN 1 Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D).Tahapan penelitian R&D menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluation (ADDIE).Desain penelitian menggunakan pre-test dan post-test design, subyek penelitian adalah kelas XI IPS di SMAN 1 Sragen.Teknik pengumpulan data dengan tes, angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis mengguakan uji-t atau t-test. Berdasarkan anaisis data, dapat disajikan hasil peneitian sebagai berikut: 1) Untuk menunjang proses pembelajaran siswa membutuhkan media pembelajaran yang dikemas secara kreatif, mudah dipahami dan tidak monoton; Tanggapan peserta didik terhadap ketersediaan media pembelajaran diperoleh hasil 70%. 2) pengembangan dilakukan dengan melihat hasil validasi dari tim ahli menunjukkan rata-rata penilaian ahli media adalah 83,5% sedangkan ahli materi 90,5 % dan respon peserta didik uji coba terbatas adalah 84%. 3) Berdasarkan persentase pre-test berpikir kritis pada materi budaya nasional sebesar 70% dan mengalami peningkatan berpikir kritis pada post-test sebesar 86% 4) berdasarkan presentase angket terdapat perbedaan peningkatan kemapuan berpikir kreatif siswa diperoleh hasil skor 67, setelah menggunkan media audio visual diperoleh skor 108. Kata Kunci: Pengembangan, Audio Visual, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Budaya Nasional

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 04 Apr 2018 12:41
    Last Modified: 04 Apr 2018 12:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40547

    Actions (login required)

    View Item