ANALISIS KEPUTUSAN ANGKATAN KERJA WANITA UNTUK BEKERJA PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI ROKOK DAN KONTRIBUSI TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA (STUDI KASUS PADA INDUSTRI ROKOK KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS)

BASKARA, BAYU SURYA (2018) ANALISIS KEPUTUSAN ANGKATAN KERJA WANITA UNTUK BEKERJA PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI ROKOK DAN KONTRIBUSI TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA (STUDI KASUS PADA INDUSTRI ROKOK KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (592Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan angkatan kerja wanita memutuskan untuk bekerja pada perusahaan sektor industri rokok dan mengetahui jumlah kontribusi terhadap peningkatan pendapatan rumah tangga. Model yang digunakan dalam penelitian adalah model logit. Daerah yang digunakan sebagai lokasi penelitian adalah Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus karena didaerah tersebut banyak terdapat perusahaan rokok yang kebanyakan tenaga kerjanya wanita. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah survei. Sedangkan metode analisis datanya adalah uji regersi logistik dan one sample test. Sampel yang diambil adalah 100 angkatan kerja wanita baik yang memutuskan untuk bekerja pada perusahaan sektor industri rokok maupun angkatan kerja wanita yang memutuskan bekerja pada non-perusahaan sektor industri rokok. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah keputusan angkatan kerja wanita untuk bekerja sedangkan variabel independennya terdiri dari gaji, kesejahteraan, jarak, jumlah anggota keluarga. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel gaji, kesejahteraan dan jarak mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan angkatan kerja wanita untuk bekerja. Besar kontribusi yang diberikian angkatan kerja wanita terhadap peningkatan pendapatan keluarga kurang dari 50% total pendapatan keluarga. Kata kunci: keputusan, kontribusi, angkatan kerja wanita, bekerja

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 04 Apr 2018 12:39
    Last Modified: 04 Apr 2018 12:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40546

    Actions (login required)

    View Item