PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK MENURUT REVISI TAKSONOMI BLOOM MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA

HIMMATUL C, ASMA (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK MENURUT REVISI TAKSONOMI BLOOM MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (753Kb)

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Bioteknologi melalui penerapan model Problem Based Learning. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Penelitian meliputi kegiatan perencanaan pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data perkembangan pembelajaran, keterlaksanaan sintaks, dan hasil tes keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan tes keterampilan berpikir tingkat tinggi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik dapat ditinjau hasil observasi perkembangan pembelajaran dan tes keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran ditinjau dari perubahan kategori pertanyaan peserta didik menurut Revisi Taksonomi Bloom. Hasil tes keterampilan menunjukkan bahwa persentase setiap aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik mengalami peningkatan dari Prasiklus sampai dengan Siklus II. Aspek menganalisis (C4) mengalami peningkatan sebesar 31.46%, aspek mengevaluasi (C5) sebesar 28.75%, dan aspek mencipta sebesar 28.53%. Kesimpulan hasil penelitian adalah model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik menurut Revisi Taksonomi Bloom kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 3 Surakarta pada materi Bioteknologi. Kata kunci: keterampilan berpikir tingkat tinggi, model problem based learning, penelitian tindakan kelas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 04 Apr 2018 12:28
    Last Modified: 04 Apr 2018 12:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40540

    Actions (login required)

    View Item