Identifikasi Stabilitas Tanah Menggunakan Metode Geolistrik sebagai Data Dukung Geoteknik Desa Sambongbangi, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan

PUTRA, ANDHIKA GANDA (2018) Identifikasi Stabilitas Tanah Menggunakan Metode Geolistrik sebagai Data Dukung Geoteknik Desa Sambongbangi, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3065Kb)

    Abstract

    Lempung merupakan salah satu jenis tanah yang umumnya bersifat ekspansif. Tanah ekspansif adalah tanah mudah mengembang dan menyusut akibat perubahan kandungan kadar air di dalam tanah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan struktur lapisan bawah permukaan secara 2D menggunakan metode geolistrik dan mengidentifikasi stabilitas tanah di Desa Sambongbangi, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. Untuk data geolistrik dilakukan akuisisi data sebanyak 3 lintasan dengan panjang 500 m dan spasi (a) 25 m. Lalu juga dilakukan pengambilan sampel tanah di 3 titik untuk diuji sifat-sifat fisik tanah di daerah tersebut. Hasil dari inversi 2D menggunakan software res2Dinv menunjukkan bahwa struktur tanah didominasi oleh lempung, lempung pasiran dan lanau di ketiga lintasan, khususnya pada kedalaman 0 – 15 m yang umumnya digunakan sebagai tempat pondasi. Sedangkan pengujian sifat-sifat fisik tanah dilakukan meliputi, pengujian analisis butiran dan batas-batas Atterberg. Hasil dari pengujian analisis butiran menujukkan bahwa tanah sampel 1 tersusun atas lempung sebanyak 23,16 %, lanau sebanyak 47,97 %, dan pasir sebanyak 28,87 %. Lalu tanah pada sampel 2 tersusun atas lempung sebesar 28,27 %, lanau sebanyak 62,95%, dan pasir sebanyak 8,78 %. Dan komposisi tanah pada sampel 3 tersusun atas kerikil sebanyak 0,05 %, lempung sebanyak 20,36 %, lalu komposisi lanau sebanyak 70,44 %, dan pasir sebanyak 9,15 %. Untuk uji batas-batas Atterberg, sampel 1 termasuk ke dalam klasifikasi tanah lempung dengan plastisitas tinggi (CH). Lalu untuk sampel 2 termasuk ke dalam klasifikasi CH. Dan sampel 3 termasuk ke dalam klasifikasi tanah lanau dengan plastisitas tinggi (MH).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 04 Apr 2018 12:16
    Last Modified: 04 Apr 2018 12:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40532

    Actions (login required)

    View Item