PENGEMBANGAN E-MODUL EXCEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR KOMPUTER DASAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 3 SUKOHARJO

TRI K, AGUSTINA (2018) PENGEMBANGAN E-MODUL EXCEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR KOMPUTER DASAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 3 SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (780Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: (1) kelayakan bahan ajar e-Modul excel sebagai upaya peningkatan motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi C SMK Negeri 3 Sukoharjo. (2) keefektifan bahan ajar e-Modul excel sebagai upaya peningkatan motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi C SMK Negeri 3 Sukoharjo. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan Research and Developmen (R&D), model penelitian dan pengembangan menggunakan 4D Thiagarajan dengan tahap: define, design, develop, dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 3 Sukoharjo. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar validasi. Analisis data kelayakan bahan ajar dilakukan dengan membandingkan antara hasil kelayakan dengan kriteria yang telah ditetapkan. Data keefektifan bahan ajar dianalisis dengan membandingkan motivasi belajar sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar e-Modul excel pada kelompok eksperimen menggunakan teknik uji t dua sampel berpasangan dan membandingkan motivasi belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol menggunakan teknik uji t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) e-Modul excel layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan perolehan hasil persentase skor validasi 95% dari ahli materi, 79,87% dari ahli media, 84,86% dari guru spreadsheet, dan 94,17% dari uji coba kelompok kecil. 2) e-Modul Excel efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan rata-rata motivasi belajar pada kelompok eksperimen dari 67,28 menjadi 110,19 dan hasil uji t dua sampel berpasangan menunjukkan bahwa -t hitung > -t tabel dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu -37,273 > -2,026 serta rata-rata motivasi belajar kelompok eksperimen yaitu 110,19 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yaitu 81,76 dan hasil uji t dua sampel independen menunjukkan bahwa t hitung > t tabel dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu 26,274 > 1,994. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa apengembangan bahan ajar e-Modul Excel dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci: e-Modul Excel, Motivasi Belajar Siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 04 Apr 2018 11:50
    Last Modified: 04 Apr 2018 11:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40522

    Actions (login required)

    View Item