PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS IPS 4 SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sari, Gumilang Marita (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS IPS 4 SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (871Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Gumuilang Marita Sari. K8413034. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS IPS 4 SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta. November 2017. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan penerapan model cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajran Sosiologi siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari tahap Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan selama tiga kali pertemuan, pada pertemuan 1 dan 2 diisi dengan kegiatan penyampaian materi dan penerapan model pembelajaran, kemudian pertemuan ke 3 diisi dengan kegiatan evaluasi pembelajran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Banyudono yang terdiri dari 34 siswa, yang mana 11 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Sumber data diperoleh dari guru pengampu mata pelajaran dan siswa. Teknik utama pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan tes, sementara teknik pendukung pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas X IPS 4 SMA N 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dalam pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada pra tindakan memperoleh nilai rata-rata 61,76, pada siklus I meningkat menjadi 71,18, kemudian pada siklus II dapat meningkat lagi menjadi 80,12. Jumlah siswa yang dapat mencapai atau tuntas Kriteria Ketuntasan Minimum pada pra tindakan adalah 12 siswa (35,29%), terjadi peningkatan pada siklus I jumlah sisiwa yang tuntas menjadi 16 siswa (47,06%), dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 27 siswa (79,41%). Kata Kunci: Pnelitian Tindakan Kelas, Make a Match, Hasil Belajar Siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 03 Apr 2018 16:22
    Last Modified: 03 Apr 2018 16:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40510

    Actions (login required)

    View Item