Jarak Penurunan Kecepatan Efektif Pada Daerah Hulu Speed Bump (Studi Daerah Surakarta)

Sari, Dina Atika (2018) Jarak Penurunan Kecepatan Efektif Pada Daerah Hulu Speed Bump (Studi Daerah Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (513Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dina Atika Sari, Dewi Handayani, Amirotul Musthofiyah HM., 2017. JARAK PENURUNAN KECEPATAN EFEKTIF PADA DAERAH HULU SPEED BUMP (STUDI DAERAH SURAKARTA). Skripsi. Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Latar belakang penelitian ini yaitu kondisi aktivitas pejalan kaki dan anak-anak yang bermain di ruas jalan yang bisa membahayakan keselamatan jiwa mereka, sehingga warga di sekitar permukiman memasang speed bump (alat pengendali kecepatan) dengan bentuk dan ukuran yang beragam dengan maksud untuk menurunkan kecepatan kendaraan untuk melindungi pejalan kaki atau anak-anak yang sedang bermain di lingkungan ruas jalan tersebut. Oleh karena itu, masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku kecepatan kendaraan sebelum melewati speed bump, serta bagaimana pengaruh dimensi speed bump terhadap kecepatan kendaraan pada area hulu speed sehingga dapat direncanakan speed bump yang aman dan nyaman bagi pengendara dan sesuai tujuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mentode survei. Pengumpulan data primer didapat dari hasil pengukuran dan pengamatan langsung di lapangan. Analisis kuantitatif meliputi uji asumsi klasik, uji korelasi, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi nonlinier (model Kuadrantik) menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil Penelitian ditemukan bahwa terjadi penurunan yang signifikan pada jarak 8 meter sebelum speed bump (area 1), dan area 2 (16 – 8) meter sebelum speed bump. Serta terdapat pengaruh dimensi speed bump terhadap kecepatan sepeda motor pada area hulu speed bump. Model matematis untuk kecepatan motor sebelum melewati speed bump (Y) dengan variabel dimensi lebar speed bump (X1) adalah Y= 255,194 - 13,184 X1 – 0,178 X12 dengan R2 0,969 untuk kecepatan di area 1. Model tersebut mempunyai arti bahwa kecepatan motor (Y) dipengaruhi variabel dimensi lebar speed bump (X1) dengan R2 yang memiliki tingkat hubungan sangat kuat. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi lebar speed bump dapat mempengaruhi besarnya kecepatan motor. Model ini hanya dapat digunakan pada kondisi dimensi lebar speed bump 32,6 cm – 38,3 cm dan tinggi 2,3 cm - 5 cm yang terbuat dari beton dengan pemasangan tunggal. Semakin tinggi dimensi speed bump maka penurunan kecepatan kendaraan yang terjadi juga semakin bertambah. Kata kunci: speed bump, jarak efektif, kecepatan kendaraan, sepeda motor.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 03 Apr 2018 14:21
    Last Modified: 03 Apr 2018 14:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40453

    Actions (login required)

    View Item