HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN INTERAKSI SOSIAL DALAM KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

PUTRANTO, YUWONO DWI (2010) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN INTERAKSI SOSIAL DALAM KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (2353Kb)

    Abstract

    Yuwono Dwi Putranto, S820209011. Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Interaksi Sosial Dalam Keluarga Dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XSekolah Menengah Atas Negeri I Pati Tahun Pelajaran 2009/2010. Tesis : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : a) hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X SMAN I Pati tahun pelajaran 2009/2010, b) hubungan antara interaksi sosial dalam keluarga dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X SMAN I Pati tahun pelajaran 2009/2010, c) hubungan antara motivasi berprestasi dan interaksi sosial dalam keluarga secara bersama-sama dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X SMAN I Pati tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN I Pati yang berjumlah 302 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan cara undian dengan jumlah sebesar 75 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas variabel bebas motivasi berprestasi (X1); interaksi sosial dalam keluarga (X2), dan variabel terikatnya adalah prestasi belajar geografi (X3). Data dianalisis dengan teknik analisis statistik regresi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: a) ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar Geografi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri I Pati Tahun Pelajaran 2009/2010, yaitu dengan nilai F = 13,159 dan p = 0,001; koefisiensi korelasi r = 0,391 dan koefisiensi determinasi R 2 =0,153serta persamaan garis regresi Y = 68,603 + 0,179 X1; b) ada hubungan positif dan signifikan antara interaksi sosial dalam keluarga dengan prestasi belajar Geografi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri I Pati Tahun Pelajaran 2009/2010, yaitu dengan nilai F = 12,921 dan p = 0,001; koefisien korelasi r = 0,388 dan koefisien determinasi R 2 =0,150serta persamaan regresi Y = 70,851 + 0,156 X2; c) ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dan interaksi sosial dalam keluarga secara bersama-sama dengan prestasi belajar Geografi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri I Pati Tahun Pelajaran 2009/2010 yaitu dengan nilai F = 12,454 dan p = 0,000; koefisien korelasi r = 0,507 dan koefisien determinasi R 2 =0,257 serta persamaan garis regresi Y = 58,381 + 0,152 X1+0,132X2.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: Yudha Adhitya
    Date Deposited: 14 Jul 2013 21:51
    Last Modified: 14 Jul 2013 21:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4041

    Actions (login required)

    View Item