PREPARASI DAN KARAKTERISASI FILM BIO-NANOKOMPOSIT BERBASIS SEMI REFINED IOTA KARAGINAN DAN NANOPARTIKEL ZnO (ZINK OKSIDA)

RAHMA K, ASSIFA (2018) PREPARASI DAN KARAKTERISASI FILM BIO-NANOKOMPOSIT BERBASIS SEMI REFINED IOTA KARAGINAN DAN NANOPARTIKEL ZnO (ZINK OKSIDA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (340Kb)

    Abstract

    Setiap tahun, lebih dari 500 juta plastik didistribusikan, dan kurang dari 3% kemasan tersebut didaur ulang. Plastik kemasan ini umumnya terbuat dari polyetilen yang membutuhkan 1000 tahun untuk terdegradasi. Kesadaran lingkungan yang semakin meningkat, menimbulkan munculnya pengemas film biodegradable yang ramah lingkungan. Namun, masalah umum yang berhubungan dengan film biodegradable adalah performansi dan pemrosesannya, khususnya yaitu transparansi yang rendah, penghambatan UV yang buruk, dan laju permeabilitas uap air yang tinggi sehingga membuat film ini terbatas penggunaannya. Baru-baru ini seiring dengan berkembangnya nanoteknologi, berbagai tipe nanomaterial ditambahkan kedalam film untuk meningkatkan sifat dan performansi film. Nanopartikel zink oksida (ZnO) dikenal luas sebagai agen antimikroba dan UV-screening serta telah terdaftar sebagai bahan aman oleh FDA. Karaginan merupakan polimer larut air dengan sebagian rantai lurus merupakan galaktan sulfat, yang memiliki potensi tinggi sebagai bahan pembuat film. Pada penelitian ini digunakan semi refined karaginan yang lebih ekonomis daripada refined karaginan. Hal ini dikarenakan semi refined karaginan memiliki metode ekstraksi yang lebih pendek dan murah. Jenis karaginan yang digunakan pada penelitian ini adalah iota karaginan dikarenakan iota karaginan telah banyak diproduksi namun penggunaannya masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan film untuk aplikasi sebagai kemasan makanan dengan kualitas yang tinggi. Film bio-nanokomposit semi refined iota karaginan dibuat dengan penambahan nanopartikel zink oksida (ZnO) sebagai filler menggunakan metode solution casting method. Pengaruh nanofiller ZnO dengan konsentrasi yang berbeda (0 %; 0.5%; 1.0%; 1.5% b/b karaginan) terhadap sifat mekanik, fisik, optik, dan kimia pada film diuji. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan nanopartikel ZnO kedalam film semi refined iota karaginan berpengaruh nyata (p<0.05) terhadap permeabilitas uap air, kelarutan, UV-Screening, kuat tarik dan elongasi dari film namun tidak berpengaruh nyata (p>0.05) terhadap transparansi film. Hasil PSA menunjukan adanya peningkatan ukuran saat nanopartikel ZnO didespersikan yang berdasarkan uji SEM disebabkan karena adanya aglomerasi. Serta hasil FTIR dan XRD menunjukan adanya interaksi antara nanopartikel ZnO dan matriks biopolimer. Berdasarkan hasil semua uji yang dilakukan, formulasi film bionanokomposit semi refined iota karaginan terbaik sebagai pengemas makanan didapatkan pada film dengan penambahan 1% ZnO.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 22:43
    Last Modified: 28 Mar 2018 22:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40409

    Actions (login required)

    View Item