Pengaruh Penggantian Sebagian Pasir Dengan Limbah Polystyrene Foam Pada Batako Tipe F Terhadap Kuat Tekan dan Berat Jenis Sebagai Suplemen Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan

MUKJIJAT, ASEP (2018) Pengaruh Penggantian Sebagian Pasir Dengan Limbah Polystyrene Foam Pada Batako Tipe F Terhadap Kuat Tekan dan Berat Jenis Sebagai Suplemen Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (118Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggantian sebagian pasir dengan limbah polystyrene foam terhadap kuat tekan batako; (2) pengaruh penggantian sebagian pasir dengan limbah polystyrene foam terhadap berat jenis batako; (3) persentase dari penggantian pasir pada batako polystyrene foam untuk menghasilkan batako ringan standar SNI (4) teknologi bahan bangunan alternatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sampel benda uji batako tipe F berukuran 40 cm x 8 cm x 20 cm dengan jumlah 20 sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan metode pencampuran perbandingan volume semen dan pasir 1:7 dengan variasi 0%, 20%, 40%, dan 60%. Pengumpulan data dilakukan dari hasil pengujian dan pengamatan di laboratorium serta literatur yang relevan. Analisis data menggunakan uji Shapiro-Wilk, kemujian dilanjutkan dengan uji regresi dengan taraf signifikansi 0,01. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, ada pengaruh yang signifikan dari penggantian sebagian pasir dengan polystyrene foam terhadap kuat tekan dengan nilai signifikan R = 0,799. Pada hasil pengujian menunjukan variasi penggantian sebagian pasir dengan polystyrene foam terhadap kuat tekan batako memenuhi standar SNI dengan nilai kuat tekan 58,67 kg/cm2, dan 33,16 kg/cm2 pada persentasi 20% dan 40%. Kedua, ada pengaruh linear yang sangat signifikan pada variasi penggantian sebagian pasir dengan polystyrene foam terhadap berat jenis batako, dengan nilai R = 0,921. Pada hasil menunjukan batako dengan variasi 0% dan 20% termasuk kategori batako normal, dengan berat 1952,4 kg/m3 dan 1770,52 kg/m3 sedangkan pada variasi 40% dan 60% termasuk batako ringan dengan berat 1639,58 kg/m3 dan 1377,4 kg/m3. Ketiga, persentase penggantian sebagian pasir dengan polystyrene foam pada batako yang dikategorikan batako ringan standar SNI adalah pada persentase 40% dan kuat tekan mutu IV. Keempat, penggunaan polystyrene foam bisa dijadikan alternatif bahan tambah dalam pembuatan batako ringan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 22:39
    Last Modified: 28 Mar 2018 22:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40407

    Actions (login required)

    View Item