Analisis Efisiensi Pemasaran Jagung di Kabupaten Boyolali

INDAH P, ANGGITA (2018) Analisis Efisiensi Pemasaran Jagung di Kabupaten Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (66Kb)

    Abstract

    ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN JAGUNG DI KABUPATEN BOYOLALI Anggita Indah Prahastiwi, Darsono, Setyowati Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta Jl.Ir.Sutami No.36A Kentingan Surakarta 57126 Telp./Fax (0271) 637457 E-mail: anggitaind95@gmail.com Telp: 081578043403 Abstract : This research were aimed to know the pattern of corn’s marketing channel;the duties and functions of marketing institution; thecost, profit, marketing margin; and marketing efficiency in Boyolali Regency. The respondents in this research were determined using accidental random sampling (farmers) and snowball sampling (traders). The data was analized using cost margin analysis with direct approach. The result showed that there were two patterns of corn marketing channel in Boyolali Regency. The pattern of Channel I:Farmers→Collect Traders→Big Traders outside area. The pattern of Channel II:Farmers→Retailers→Consuments.Most of marketing function were transaction, physicand facility.The two marketing channelswere efficient, but the most efficient marketing channel was Channel II because it had the lowest efficiency margin (2,38%) and the highest farmer’s share (97,61%). Key Words : Corn,Cost Margin Analysis, Efficiency,Farmer’s Share, Marketing Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran jagung; tugas dan fungsi lembaga-lembaga pemasaran;biaya, keuntungan, margin pemasaran; serta tingkat efisiensi pemasaran di Kabupaten Boyolali.Penentuan sampel petani menggunakan teknik accidental dan purposive sampling, sedangkan sampel pedagang menggunakan snowball sampling.Metode analisis data menggunakan analisis biaya dan margin dengan pendekatan langsung.Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua pola saluran pemasaran jagung di Kabupaten Boyolali. Pola saluran I:Petani→Pedagang Pengumpul→Pedagang Besar→Konsumen Pabrik Luar Kota. Pola saluran II:Petani→Pedagang Pengecer→Konsumen. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan lembaga pemasaran sebagian besar adalah fungsi transaksi, fungsi fisik dan fungsi fasilitas.Kedua saluran pemasaran dikatakan sudah efisien, tetapi saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran ke II karena mempunyai nilai margin pemasaran terendah 2,38% dan nilai farmer’s share tertinggi 97,61%. Kata Kunci :Analisis Biaya dan Margin, Efisiensi,Farmer’s Share, Jagung, Pemasaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 21:57
    Last Modified: 28 Mar 2018 21:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40394

    Actions (login required)

    View Item