ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN JAGUNG DI KABUPATEN SRAGEN

DEVITRA S, ANASTHASIA (2018) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN JAGUNG DI KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (19Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran jagung di KabupatenSragen; mengetahui tugas dan fungsi lembaga-lembaga pemasaran jagung di Kabupaten Sragen; mengetahui besar biaya, keuntungan dan marjin pemasaran jagung di Kabupaten Sragen; mengetahui saluran pemasaran jagung di Kabupaten Sragen yang paling efisien secara ekonomis. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif analisis. Metode analisis data menggunakan analisis biaya dan margin dengan pendekatan langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran jagung di Kabupaten Sragen; tugas dan fungsi dari produsen atau petani sebagai produsen yang kemudian hasil panennya diperjualkan ke pedagang, tugas dan fungsi pedagang pengumpul mencari produk jagung ke petani dan menjalankan fungsi pertukaran dengan membeli dari petani kemudian menjualkan ke pedagang besar, tugas dan fungsi pedagang pengecer membeli produk jagung dari petani kemudian menjualkan langsung ke konsumen, tugas dan fungsi pedagang besar mengumpulkan produk jagung; saluran pemasaran yang dikatakan efisien yaitu saluran pemasaran ke III dengan margin pemasaran sebesar Rp 200/Kg, persentase margin pemasaran sebesar 4,65% dan farmer share sebesar 95,2%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 21:48
    Last Modified: 28 Mar 2018 21:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40391

    Actions (login required)

    View Item