Eksperimentasi Model Pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking dan Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konseptual dan Kompetensi Strategis pada Materi Geometri ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin Siswa SMPN di Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2016/2017

NUGRAHENI, ZAHRA (2018) Eksperimentasi Model Pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking dan Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konseptual dan Kompetensi Strategis pada Materi Geometri ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin Siswa SMPN di Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1153Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu, yang bertujuan untuk mengetahui: perbandingan pengaruh model pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT), Problem Based Learning (PBL), dan pembelajaran langsung (Direct Learning/DL) terhadap Pemahaman Konseptual Matematis (PKM) dan Kompetensi Strategis Matematis (KSM) siswa SMPN di Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2016/2017. Selain faktor model pembelajaran, dalam penelitian ini dikaji pula faktor jenis kelamin, dan interaksi antara model pembelajaran dengan jenis kelamin pada masing-masing variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII (tujuh) SMP Negeri di Kabupaten Ngawi yang menerapkan Kurikulum 2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 261 siswa yang terdiri dari 87 siswa sebagai kelas eksperimen I, 88 siswa sebagai kelas eksperimen II, serta 87 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen pretest dan posttest PKM dan KSM pada materi luas dan keliling bangun datar. Teknik analisis data menggunakan MANOVA dua jalan sel tak sama, ANAVA dua jalan dengan sel tak sama, dan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe’. Secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) pembelajaran RMT menghasilkan PKM dan KSM yang sama baiknya dengan pembelajaran PBL, pembelajaran RMT dan PBL menghasilkan PKM dan KSM yang lebih baik daripada pembelajaran DL, (2) siswa perempuan menghasilkan PKM yang lebih baik dan KSM yang sama baiknya dengan siswa laki-laki, serta (3) pada masing-masing jenis kelamin, model pembelajaran RMT menghasilkan PKM dan KSM yang sama baiknya dengan model pembelajaran PBL, model pembelajaran RMT dan model pembelajaran PBL memberikan PKM dan KSM yang lebih baik daripada model pembelajaran DL, (4) pada masing model pembelajaran yang dibandingkan, siswa perempuan memperoleh PKM yang lebih baik dan KSM yang sama baiknya dengan siswa yang laki-laki. Kata Kunci: Rigorous Mathematical Thinking (RMT), Problem Based Learning (PBL), jenis kelamin, pemahaman konseptual matematis, kompetensi strategis matematis. Zahra Nugraheni. 2017. Experimentation of Rigorous Mathematical Thinking and Problem Based Learning toward Mathematical Conceptual Understanding and Strategic Competence on Geometry Material viewed from Sex Difference of Junior High School students in Ngawi Regency Academic Year 2016/2017. Thesis. Consultant: Prof. Dr. Budiyono, M.Sc., Co-Consultant: Drs. Isnandar Slamet, M.Sc., Ph.D. Post Graduate Program of Mathematics Education, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, Surakarta. ABSTRACT This research was a quasi-experimental research, which aimed to determine: the effect comparison of Rigorous Mathematical Thinking (RMT), Problem Based Learning (PBL), and Direct Learning (DL) to mathematical conceptual understanding and mathematical strategic competence of Junior High School‘s students in Ngawi on Academic year 2016/2017. In addition to the factor of learning model, in this research we also examined the factors of sex difference, and the interaction between learning model and sex difference. The population of this research were students of grade VII (seven) Junior High School in Ngawi which were implementing Curriculum 2013. We used stratified cluster random sampling as sampling technique. By this sampling technique, there was obtained 261 students as sample, which were consisted of 87 students in Experimental Class I, 88 students in Experimental Class II, and 87 students in Control Class. The research instruments consisted of pretest and posttest of mathematical conceptual understanding and mathematical strategic competence in plane’s perimeter and area material. Data analysis was using two ways MANOVA, two ways ANAVA, and Scheffe’. Generally could be concluded that (1) RMT gave mathematical conceptual understanding and strategic competence as well as PBL, RMT and PBL gave mathematical conceptual understanding and strategic competence better than DL, (2) girl students had better mathematical conceptual understanding than boy students, and girl students had mathematical strategic competence as well as boy students, and (3) in each sexes which were compared, RMT gave mathematical conceptual understanding and strategic competence as well as PBL, RMT and PBL gave better mathematical conceptual understanding and strategic competence than DL, (4) in each learning method compared, female students obtain better mathematical conceptual understanding and strategic competence as well as male students. Keywords: Rigorous Mathematical Thinking (RMT), Problem Based Learning (PBL), sex difference, mathematical conceptual understanding, mathematical strategic competence.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 20:46
    Last Modified: 28 Mar 2018 20:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40382

    Actions (login required)

    View Item