Strategi Pemasaran Produk Olahan Jamur Tiram Putih Dengan Metode BCG (Boston Consulting Group) (Studi Kasus : Jempol Tri Jamur di Desa Kresek Kecamatan Wungu dan Aji Saka Jamur di Desa Bibrik Kecamatan Jiwan) Kabupaten Madiun

SEPTI F, ADZYUNDA DWI (2018) Strategi Pemasaran Produk Olahan Jamur Tiram Putih Dengan Metode BCG (Boston Consulting Group) (Studi Kasus : Jempol Tri Jamur di Desa Kresek Kecamatan Wungu dan Aji Saka Jamur di Desa Bibrik Kecamatan Jiwan) Kabupaten Madiun. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (205Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar relatif dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Jempol Tri Jamur berdasarkan matrik BCG. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penulisan ini adalah dengan metode deskriptif analitik. Data yang digunakan dalam penulisan ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalam penulisan ini didapat dari hasil wawancara penulis dengan pihak pengusaha seperti berupa data laporan penjualan Jempol Tri Jamur dan pesaingnya yaitu Aji Saka Jamur periode tahun 2015 dan tahun 2016, wawancara dengan pihak konsumen serta dinas pemerintah terkait. Data sekunder berasal dari data yang dikutip dari lembaga atau instansi terkait seperti dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun dan BPS Kabupaten Madiun. Analisis data yang digunakan adalah (1) Perhitungan Laju Pertumbuhan (2) Perhitungan Pangsa Pasar (3) Penentuan Posisi Usaha berdasarkan perhitungan matriks BCG. Hasil analisis menunjukkan bahwa Tingkat pertumbuhan pasar kripik jamur Jempol Tri Jamur adalah sebesar 16% lebih besar dari Kompetitor dan Aji Saka Jamur sebesar 9% lebih kecil dari kompetitor. Pangsa pasar kripik jamur Jempol Tri Jamur sebesar 0.84 <1 dan Aji Saka Jamur sebesar 1.2 > 1. Pertumbuhan pasar sate jamur Jempol sebesar 26% sedangkan Aji Saka Jamur 13%. Pangsa pasar sate jamur Jempol Tri Jamur sebesar 1.22 > 1 dan Aji Saka Jamur sebesar 0.81 < 1sehingga Jempol Tri Jamur berada dalam posisi kuadran stars. Hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan pangsa pasar kripik jamur Jempol masih rendah jika dibandingkan dengan Aji Saka Jamur. Posisi usaha Jempol agar pangsa pasar kripik jamur tidak bergeser ke kuadran yang Question Marks atau Cash Cow perlu meningkatkan pangsa pasar dengan menambah wilayah pemasaran dengan menerapkan strategi pengembangan pasar. Strategi yang dapat digunakan oleh Jempol Tri Jamur adalah dengan melakukan pengembangan pasar pengembangan produk serta bekerja sama dengan pemasok bahan baku dalam membuka cabang di daerah lain untuk meningkatkan penjualan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 15:11
    Last Modified: 28 Mar 2018 15:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40352

    Actions (login required)

    View Item