REMIDIASI PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X MIA

WIJAYA, TONY (2018) REMIDIASI PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X MIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1054Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tony Wijaya. K2313070. REMIDIASI PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X MIA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa untuk mencapai ketuntasan aspek kognitif pada materi Getaran Harmonis Sederhana dengan penerapan remidiasi pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperiment dengan menggunakan rancangan pretest and posttest group. Sampel penelitian adalah 39 siswa dari kelas X MIA 4 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Data diperoleh melalui observasi, dan pre-test & post-test. Teknik analisis data dengan uji-t satu pihak pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran remidiasi Fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dari 0% menjadi 66,67%. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata 43,93 dan hasil tes akhir diperoleh nilai rata-rata adalah 77,52. Dari hasil analisis data menggunakan uji-t satu pihak menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5%, thitung > ttabel = 1,742 > 1,685. Kata kunci : pembelajaran remidiasi Fisika, STAD, kemampuan kognitif, getaran harmonis sederhana.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 14:30
    Last Modified: 28 Mar 2018 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40324

    Actions (login required)

    View Item