Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Berbasis Community Governance Oleh Forum Sidowayah Bangkit (Studi di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo)

MARTASARI, RIZKY (2018) Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Berbasis Community Governance Oleh Forum Sidowayah Bangkit (Studi di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (823Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberdayaan penyandang disabilitas berbasis community governance yang dilakukan oleh Forum Sidowayah Bangkit di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Analisis akan dilakukan pada proses pemberdayaan penyandang disabilitas dan pemberdayaan penyandang disabilitas berbasis community governance. Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam dan mengkaji dokumen. Pemilihan informan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sedangkan uji validitas data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah triangulasi data dan untuk teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis data interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Forum Sidowayah Bangkit telah melaksanakan 6 tahapan dari tahap pemberdayaan yang dilakukan kepada kepada penyandang disabilitas, sedangkan untuk tahapan yang ke 7 belum dapat dilaksanakan karena masih terbatasnya kemampuan dan keahlian yang dimiliki oleh anggota Forum Sidowayah Bangkit. Sedangkan pemberdayaan penyandang disabilitas berbasis community governace dapat dilihat dari dimilikinya modal sosial yang kuat, terpenuhinya sumber daya organisasi, serta dimilikinya kemampuan dan keahlian dari sumber daya manusia yang dimiliki Forum Sidowayah Bangkit walaupun masih terbatas. Kata kunci : Community governance,kapasitas, Pemberdayaan, disabilitas, Forum Sidowayah Bangkit.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 14:08
    Last Modified: 28 Mar 2018 14:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40314

    Actions (login required)

    View Item