FORMULASI STRATEGI PEMASARAN DEVELOPER PERUMAHAN GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (Studi Kasus Developer Di Wilayah Surakarta)

ALDI, RINALDY (2018) FORMULASI STRATEGI PEMASARAN DEVELOPER PERUMAHAN GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (Studi Kasus Developer Di Wilayah Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    Rinaldy Aldi, 2017, Formulasi Strategi Pemasaran Developer Perumahan Guna Meningkatkan Daya Saing Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) (Studi Kasus Developer Wilayah Surakarta). Skripsi : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta Berlakunya era MEA(Masyarakat Ekonomi ASEAN) mendorong para pelaku jasa konstruksi khususnya developer untuk menyusun strategi supaya dapat bertahan dan mengambil bagian dalam era ekonomi baru tersebut. Bagi developer, masalah utama yang dihadapi adalah pemasaran perumahan yang Ia buat. Tentu saja di era MEA ini akan terjadi dinamika-dinamika yang akan menjadi peluang maupun ancaman sehingga developer perlu membuat strategi pemasaran yang fleksibel dengan perubahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh developer Surakarta dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN serta mengetahui apakah strategi tersebut memungkinkan untuk diterapkan oleh developer tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif serta studi literatur. Data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan total 8 responden dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk mendapatkan alternatif strategi yang tepat. Kemudian setelah didapat alternatif strategi, dipilih strategi terbaik dengan menggunakan QSPM. Hasil strategi dari QSPM ditawarkan kepada developer untuk kemudian ditanggapi untuk mengetahui bagaimana tanggapan developer mengenai strategi yang kita dapat Hasil analisis didapat strategi pemasaran yang paling tepat dengan menggunakan pengalaman dan reputasi perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan client dengan meningkatkan strategi promosi serta memperluas promosi, memilih lokasi perumahan yang dekat dengan trayek transportasi dengan cara menggunakan keuangan yang kuat untuk membeli tanah yang mempunyai akses mudah dikemudian hari, menggunakan kemampuan dalam memilih lokasi perumahan supaya ketika ada pembangunan fasilitas baru dapat dimanfaatkan dengan baik. Strategi yang terbaik berdasarkan tanggapan developer serta hasil analisis adalah membuat sarana promosi yang menarik dengan menonjolkan reputasi perusahaan dan lokasi yang strategis melalui media televisi, sosial media, dan koran untuk memperluas jangkauan promosi serta memberikan bonus atau hadiah dalam setiap pembelian rumah yang ditawarkan Kata kunci: MEA, Strategi pemasaran, SWOT

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 14:05
    Last Modified: 28 Mar 2018 14:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40313

    Actions (login required)

    View Item