Keefektifan Teknik Self Regulated Learning untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 8 Surakarta

Pramesti, Triani Wahyuningrum (2018) Keefektifan Teknik Self Regulated Learning untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 8 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (372Kb)

    Abstract

    Triani Wahyuningrum Pramesti. K3113071. KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 SURAKARTA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2017 Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik self regulated learning untuk mengurangi kejenuhan belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan Mann Whitney dan Wilcoxon dengan bantuan IBM SPSS Statistic 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari uji Mann Whitney diperoleh hasil Asymp Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 dengan signifikansi 0,05 sehingga 0,000 < 0,05. Jadi, terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah kelompok eksperimen diberikan treatment berupa teknik self regulated learning. Hasil dari uji tersebut didukung dengan uji Wilcoxon yang diperoleh hasil Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,001 dengan signifikansi 0,05 sehingga 0,001 < 0,05. Jadi, terdapat perbedaan antara nilai pretest dengan nilai posttest kelompok eksperimen setelah diberikan treatment berupa teknik self regulated learning. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik self regulated learning efektif untuk mengurangi kejenuhan belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta. Kata kunci: Teknik self regulated learning, kejenuhan belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 13:54
    Last Modified: 28 Mar 2018 13:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40306

    Actions (login required)

    View Item