PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS MULTIMEDIA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR

MAHARTINI, TIRANI (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS MULTIMEDIA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (453Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui kebutuhan bahan ajar tematik berbasis multimedia pada tema “Indahnya Keragaman di Negeriku” pada kelas IV SD Negeri di Kota Surakarta; 2) Merancang bahan ajar tematik berbasis multimedia pada tema “Indahnya Keragaman di Negeriku” untuk kelas IV Sekolah Dasar; 3) Mengembangkan bahan ajar tematik berbasis multimedia pada tema “Indahnya Keragaman di Negeriku” untuk kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis; 4) Menguji keefektifan bahan ajar tematik berbasis multimedia berdasarkan validasi ahli dan uji coba pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Rangkaian penelitian dan pengembangan yang dilakukan dimulai dari tahap studi pendahuluan yang terdiri dari studi literatur, studi lapangan, deskripsi dan analisis temuan. Tahap studi pengembangan yang terdiri dari rancangan produk, expert judgement, uji coba terbatas, dan uji coba luas. Tahap Evaluasi untuk menguji keefektifan produk. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman, yaitu teknik analisis data interaktif, sedangkan untuk data kuantitatif menggunakan Uji keefektifan dilakukan pada tahap uji coba skala lebih besar. Statistik yang digunakan yaitu analisis komparatif dua sampel yang saling bebas (independen). Hasil dari penelitian ini adalah 1) guru dan peserta didik membutuhkan bahan ajar tematik tambahan berupa multimedia untuk referensi belajar karena buku pegangan dari kemdikbud materinya masih kurang; 2) rancangan bahan ajar tematik berbasis multimedia berpedoman pada buku guru dan buku siswa menggunakan aplikasi power point dengan memanfaatkan fasilitas yang terdapat pada power point, di antaranya adalah audio, video, animasi, gambar, hyperlink, dll. ; 3) bahan ajar tematik berbasis multimedia dikategorikan baik ditinjau dari kualitas isi/materi, kesesuaian dengan karakter peserta didik, kegrafikan, dan keseuaian bahasa dengan usia peserta didik; 4) ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar tematik lama dan pembelajaran menggunakan bahan ajar tematik lama ditambah dengan pembelajaran tematik berbasis multimedia.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 13:43
    Last Modified: 28 Mar 2018 13:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40301

    Actions (login required)

    View Item