Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alat Peraga Maket Kuda-kuda Sistem Bongkar Pasang Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Gedung III

SHIDQI R, TAUFIQ (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alat Peraga Maket Kuda-kuda Sistem Bongkar Pasang Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Gedung III. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis alat peraga yang dapat dibongkar pasang untuk Mata kuliah Konstruksi Bangunan Gedung III. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis alat peraga bongkar pasang pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Gedung III. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD), dengan melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis alat peraga bongkar pasang. Prosedur pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui: (1) Tahap studi pendahuluan dilakukan dengan studi lapangan/observasi dan studi literature/pustaka, (2) Tahap pengembangan dilakukan dengan cara yaitu: merancang produk media pembelajaran; menyusun instrument penilaian; melakukan validasi instrument penilaian; validasi produk oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran; memperbaiki hasil validasi produk; melakukan uji coba terbatas terhadap 6 mahasiswa angkatan 2014 PTB FKIP UNS dan uji coba luas terhadap 50 mahasiswa angkatan 2014 PTB FKIP UNS, serta mengevaluasi produk, (3) Tahap evaluasi merupakan tahap final pengembangan media pembelajaran yang berbentuk model hipotetik alat peraga bongkar pasang. Hasil penelitian dari penilaian ahli materi diperoleh persentase sebesar 86,09 % yang dikategorikan sangat layak. Penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase sebesar 91,765 % yang dikategorikan sangat layak. Penilaian ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis alat peraga bongkar pasang sangat layak dengan persentase sebesar 93,571 %. Pada uji coba terbatas diperoleh persentase sebesar 63 % yang dikategorikan layak. Uji coba luas menyatakan media pembelajaran sangat layak dengan persentase sebesar 84,36 %

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 13:28
    Last Modified: 28 Mar 2018 13:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40290

    Actions (login required)

    View Item