PERBAIKAN AKTIVITAS INTI PADA RANTAI NILAI INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) BATIK PRINTING DI MASARAN SRAGEN DENGAN PENDEKATAN VALUE CHAIN & BENCHMARKING (STUDI KASUS : IKM Y & IKM Z)

FAUZI, RIZKY HANIF (2018) PERBAIKAN AKTIVITAS INTI PADA RANTAI NILAI INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) BATIK PRINTING DI MASARAN SRAGEN DENGAN PENDEKATAN VALUE CHAIN & BENCHMARKING (STUDI KASUS : IKM Y & IKM Z). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (108Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rizky Hanif Fauzi, NIM: I0313086. PERBAIKAN AKTIVITAS INTI PADA RANTAI NILAI INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) BATIK PRINTING DI MASARAN SRAGEN DENGAN PENDEKATAN VALUE CHAIN & BENCHMARKING (STUDI KASUS : IKM Y & IKM Z) Skripsi. Surakarta: Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Desember 2017. Industri batik merupakan salah satu komoditi unggulan yang berpengaruh signifikan bagi perekonomian di Karisidenan Surakarta. Salah satu kawasan yang menyokong industri batik di Karisidenan Surakarta adalah Desa Kliwonan, Kecamatan Masaran, Sragen. Batik printing merupakan salah satu produk yang dihasilkan dengan metode baru berupa perpaduan antara sablon dan batik, batik printing dibuat dengan cara mencetak malam selayaknya batik konvensional dan melalui proses pencelupan seperti pembuatan batik pada umumnya. IKM Y dan IKM Z merupakan IKM di Desa Kliwonan, Masaran, Sragen yang memproduksi batik printing. Dari hasil pengamatan yang dilakukan terdapat beberapa masalah yang harus diperbaiki di IKM Y dan IKM Z. Proses produksi yang molor dari jadwal, belum adanya penjadwalan maintenance peralatan yang digunakan, tata cara pengerjaan batik yang kurang baik, pengawasan terhadap operator yang tidak tertib serta produk IKM Y dan IKM Z yang belum dikenal merupakan masalah-masalah yang ditemukan. penelitian ini akan difokuskan pada perbaikan aktivitas pada IKM Y dan IKM Z dengan cara membandingkan (benchmarking) dengan aktivitas yang ada pada IKM X. IKM X dipilih sebagai acuan untuk memperbaiki aktivitas IKM Y dan IKM Z karena merupakan kompetitor yang memiliki performansi lebih baik. Aktivitas yang akan diperbaiki pada IKM Y dan IKM Z merupakan aktivitas inti dari value chain masing-masing IKM. Aktivitas inti adalah kegiatan dalam sebuah value chain yang terlibat dalam penciptaan produk secara fisik dan penjualan ke pelanggan serta pelayanan purnajual yang diberikan. aktivitas inti terdiri dari logistik ke dalam (inbound logistic), operasi (operation), logistik ke luar (outbond logistic), pemasaran dan penjualan (marketing dan sales) serta servis (service). Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh usulan perbaikan aktivitas inti dalam value chain IKM Y dan Z pada produk batik printing dengan melakukan benchmarking ke IKM X yang memiliki performansi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 5 usulan perbaikan aktivitas inti yang dapat diterapkan di IKM Y, pada IKM Z didapatkan 7 usulan perbaikan aktivitas inti yang dapat diterapkan. Kata Kunci: rantai nilai, perbaikan peforma perusahaan, benchmarking, UMKM, batik printing, aktivitas inti. xviii+83 halaman; 27 tabel; 40 gambar; Daftar Pustaka: 18 (2000-2016)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TS Manufactures
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 13:06
    Last Modified: 28 Mar 2018 13:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40269

    Actions (login required)

    View Item