DAYA DUKUNG RUANG TERBUKA HIJAU DAN KOMUNITAS HIJAU MENUJU GREEN CITY KOTA SALATIGA TAHUN 2017 (SEBAGAI PENGAYAAN MATERI PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS XI SEMESTER GENAP PADA MATERI POKOK PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN)

ASTUTI, RINI (2018) DAYA DUKUNG RUANG TERBUKA HIJAU DAN KOMUNITAS HIJAU MENUJU GREEN CITY KOTA SALATIGA TAHUN 2017 (SEBAGAI PENGAYAAN MATERI PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS XI SEMESTER GENAP PADA MATERI POKOK PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (840Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rini Astuti. K5413058. DAYA DUKUNG RUANG TERBUKA HIJAU DAN KOMUNITAS HIJAU MENUJU GREEN CITY KOTA SALATIGA TAHUN 2017 (SEBAGAI PENGAYAAN MATERI PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS XI SEMESTER GENAP PADA MATERI POKOK PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi persebaran dan kualitas ruang terbuka hijau di Kota Salatiga; (2) peran serta komunitas hijau di Kota Salatiga; serta (3) implementasi penelitian sebagai pengayaan materi geografi pada materi pokok pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei deskriptif dengan pendekatan spasial. Wilayah administrasi menjadi unit analisis untuk mengulas ruang terbuka hijau, sedangkan unit analisis tiap komunitas digunakan untuk mengkaji komunitas hijau. Seluruh ruang terbuka hijau dan komunitas hijau menjadi populasi dalam penelitian ini. Sampel yang diambil adalah keseluruhan RTH yang berjumlah 179 dengan menggunakan sampling jenuh, sedangkan snowball sampling digunakan untuk pengambilan sampel komunitas hijau yang berjumlah 7 komunitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara, dokumentasi serta interpretasi citra. Uji validitas data yang diterapkan pada penelitian ini yakni triangulasi dengan sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga langkah, yakni (1) teknik skoring guna mengkaji persebaran dan kualitas ruang terbuka hijau di Kota Salatiga yang diabstraksikan dalam bentuk Peta Daya Dukung Ruang Terbuka Hijau; (2) teknik skoring untuk menentukan peran serta komunitas hijau yang direfleksikan dalam wujud Peta Daya Dukung Komunitas Hijau; serta (3) teknik analisis deskriptif guna menganalisis implementasi penelitian sebagai pengayaan materi geografi pada materi pokok pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan yang dipresentasikan melalui modul pengayaan materi. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil analisis persebaran dan kualitas ruang terbuka hijau sebagai wujud daya dukung ruang terbuka hijau menghasilkan kelas klasifikasi tingkat daya dukung sedang dan tingkat daya dukung tinggi; (2) pengukuran peran serta komunitas hijau yang merupakan daya dukung komunitas hijau masuk pada kelas klasifikasi tingkat daya dukung sedang; serta (3) hasil penelitian dapat diimplementasikan sebagai pengayaan materi geografi pada materi pokok pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan kelas XI SMA. Kata Kunci : ruang terbuka hijau, komunitas hijau, green city, modul pembelajaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 12:01
    Last Modified: 28 Mar 2018 12:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40263

    Actions (login required)

    View Item