REMEDIASI MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS XI MIPA

A, RAVENA NURUL HUDA (2018) REMEDIASI MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS XI MIPA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (997Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ravena Nurul Huda Alfiani. K2313058. REMEDIASI MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS XI MIPA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa untuk mencapai ketuntasan aspek kognitif pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi dengan penerapan remidiasi pembelajaran Fisika menggunakan model Learning Cycle 5E. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan rancangan one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 32 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen, observasi, dan pre-test & post-test. Teknik analisis data dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata 65,5 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 80,3. dari analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5%, thitung > ttabel = 3,905 > 1,694. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa remediasi pembelajaran Fisika dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dari 37,5% menjadi 75%. Kata kunci: Remidiasi, Learning Cycle 5E, Kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 11:53
    Last Modified: 28 Mar 2018 11:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40259

    Actions (login required)

    View Item