Analisis Pengendalian Kualitas Produk Roti Tawar Ideal Bakery di Kota Depok dengan Metode Pengendalian Kualitas Statistik

U, RAFITA PRAWIRASTRI (2018) Analisis Pengendalian Kualitas Produk Roti Tawar Ideal Bakery di Kota Depok dengan Metode Pengendalian Kualitas Statistik. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (159Kb)

    Abstract

    ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK ROTI TAWAR IDEAL BAKERY DI KOTA DEPOK DENGAN METODE PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK Rafita Prawirastri Utami, Kusnandar, Susi Wuri Ani Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta Jl.Ir.Sutami No.36 A Kentingan Surakarta 57126 Telp./Fax (0271) 637457 Email: rafitaprawira@gmail.com/Telp: +6282136670496 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan, urutan prioritas perbaikan, faktor penyebab, hubungan faktor-faktor penyebab masalah., dan usulan tindakan perbaikan kerusakan roti tawar Ideal Bakery. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif analitis. Alat analisis yang digunakan adalah Pengendalian Kualitas Statistik (Statistical Quality Control), yaitu check sheet, diagram pareto, diagram sebab akibat, dan diagram scatter. Hasil penelitian menunjukan jenis kerusakan roti tawar Ideal Bakery, yaitu penyok sebanyak 102 roti atau 47,89%, bentuk tidak kotak sempurna sebanyak 63 roti atau 29,58%, kulit lengket sebanyak 21 roti atau 9,86%, kulit kering sebanyak 17 roti atau 7,98%, kotor sebanyak 7 roti atau 3,29%, dan bantat sebanyak 3 roti atau 1,41%. Jenis kerusakan penyok dan bentuk tidak kotak sempurna merupakan masalah utama yang menjadi prioritas perbaikan. Faktor-faktor penyebab masalah utama dilihat dari empat faktor, yaitu faktor manusia, alat dan mesin, metode, dan lingkungan kerja. Hubungan penyebab kerusakan penyok dari faktor metode antara lamanya waktu pengeluaran roti tawar dari loyang dengan suhu loyang memiliki korelasi negatif dengan r sebesar -0,98357. Standar waktu yang tepat untuk mengeluarkan roti tawar dari loyang, yaitu ≤ 6 menit. Usulan tindakan perbaikan terhadap kerusakan yang menjadi prioritas perbaikan roti tawar Ideal Bakery dirumuskan dari empat faktor penyebab masalahnya, yaitu manusia, alat dan mesin, metode, dan lingkungan kerja. Kata Kunci: Kualitas, Pengendalian Kualitas Statistik, Roti Tawar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 11:47
    Last Modified: 28 Mar 2018 11:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40255

    Actions (login required)

    View Item